Inilah Alasan Mengapa kita tidak boleh Mengabaikan Doa

55 views
banner 468x60)

Inspirasibersama.com – Mengapa kita tidak boleh Mengabaikan Doa,Doa merupakan salah satu bentuk ikhtiar guna memohon sesuatu kepada Allah SWT. Dalam Islam, berdoa merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan.

Karena hanya kepada Allah lah tempat meminta Maha memberi segala sesuatu untuk hamba-hamba-Nya.Dan bagi orang yang tidak mau berdoa berarti ia sombong.semoga kita termasuk orang-orang yang tidak sombong.

Pertama-tama seseorang seharusnya berdoa untuk dirinya, lalu untuk ibu, bapak dan anak-anaknya, kemudian untuk orang-orang mukmin lainnya.

Rasulullah SAW bersabda,
“Doa yang paling utama adalah doa yang dipanjatkan untuk dirinya sendiri.” Hal ini harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.

Doa yang dipanjatkan seorang ayah untuk anaknya juga makbul. Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda,
“Di antara Allah SWT dan segala sesuatu (baik perbuatan maupun perkataan) terdapat sebuah penghalang, kecuali kesaksian seseorang bahwa tiada Tuhan selain Allah SWT dan doa yang dipanjatkan seorang ayah (ibu) untuk anaknya, yakni doanya akan langsung sampai kepada Allah SWT dan dikabulkan.”

Doa yang dipanjatkan seorang anak untuk ayah ibunya juga makbul. Seorang anak tidak boleh lupa untuk mendoakan orang tuanya.

Sebab, meninggalkan doa untuk orang tua dapat membawa pada kemiskinan.

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya seorang (ahli surga) akan dinaikkan derajatnya di dalam surga.

Atas hal ini, ia akan bertanya, ‘Mengapa ini terjadi kepadaku?’ Maka, akan dikatakan kepadanya, ‘Hal itu karena istigfar yang dilakukan anakmu untuk dirimu’.”

Semestinya kita pun mendoakan para mursyid kamil, waliyullah, dan ulama. Karena begitu banyaknya jasa Imam Azham Abu Hanifah RH terhadap agama, seorang ulama hadis yang bernama Khuraibi RH berkata,
“Umat muslim wajib mendoakan Imam Azham RH setiap selesai melaksanakan shalat.”

Imam Azham RH berkata, “Ketika berdoa kepada Allah SWT, aku berdoa terlebih dahulu untuk guruku, Hammad RH, sebelum mendoakan ibu dan ayahku.”

Imam Abu Yusuf RH pun berkata, “Sebelum mendoakan ibu dan ayahku, aku mendoakan Imam Azham RH terlebih dahulu.”

Doa seorang mukmin untuk saudara mukminnya tanpa sepengetahuan-nya akan segera dikabulkan.

Dalam suatu hadis dikatakan, “Ketika seorang muslim berdoa untuk saudara muslim lainnya, malaikat akan berkata, “Amin, semoga Allah SWT memberikan hal yang sama untukmu.”

Sumber artikel (Adab dan Keutamaan Doa, Penerbit Fazilet)

banner 468x60)
Author: 
author

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply