Lebih Sehat Mana Antara Susu Kacang dan Susu Sapi ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Banyaknya ragam susu yang beredar sekarang ini membuat banyak orang bingun, lebih sehat mana antara susu sapi dengan susu kacang misalnya. Sebenarnya ada banyak sekali jenis susu seperti susu kedelai, almond, mede dan santan kelapa.

 

Menyikapi tentang hal ini, seorang ahli gizi menyarankan kepada kita untuk melihat kemasan setiap produk susu untuk mengetahui tingkat kesehatannya. Anda bisa baca apa saja nutrisi yang terkandung dalam label kemasan susu.

susu-sapi

sumber gambar : http://familyherbal.net/

Sekarang ini juga banyak beredar susu yang bersumber dari nabati. Bagi anda yang suka vegatarian tentu mengatakan susu dari sumber nabati lebih sehat. Ternyata hal ini juga relatif tergantung bahan dari susu nabati tersebut. Bukan berarti semua jenis susu nabati akan lebih bagus dibandingkan dengan susu sapi.

Baca Juga  Manfaat Seorang Wanita Memiliki Hewan Peliharaan Bisa Menurunkan Resiko Stroke

 

Dalam sebuah hasil studi yang dipublikasikan dalam Journal of Pediatric Gastroenterology yang menyebutkan kalau bagi seorang anak-anak lebih disarankan untuk mengkonsumsi jenis susu sapi dibandingkan dengan susu nabati, terkecuali bagi mereka yang mengalami masalah kesehatan tertentu.

 

Sebenarnya ada banyak kelebihan dari susu sapi. Dalam satu gelasnya susu sapi bisa mengandung 8 delapan gram protein dan kalsium yang cukup tinggi. Selain protein dan kalsium, susu sapi juga kaya kandungan potasium, vitamin B12, vitamin D dan A. Jadi cukup lengkap kandungan gizinya.

 

Sedangkan kalau untuk jenis susu nabati, dalam satu gelasnya tidak lebih mengandung satu gram protein saja. Hal ini sangat berbeda jauh dengan susu sapi yang lebih tinggi delapan kali lipat kandungan proteinnya.

Baca Juga : Apakah Aman Minum Susu Sapi Saat Sedang Hamil ?

 

Baca Juga  Manfaat Melakukan Liburan Sambil Meditasi

Secara alami susu nabati juga biasanya minim kandungan kalsium. Terkecuali susu nabati tersebut ditambahkan kandungan kalsium.

 

Apalagi untuk jenis susu kelapa dan santan, untuk kandungan protein bisa dibilang tidak ada. Selain itu santan juga diketahui hanya mengandung sedikit sekali kandungan kalsium.

 

Selain itu banyak jenis susu nabati yang kehilangan kandungan protein dan kalsium yang disebabkan karena saat proses pengolahan. Dengan proses pengolahan yang khusus, maka membuat banyak kandungan gizi dari susu nabati hilang.

 

Oleh karena itu banyak sekali para produsen susu nabati yang sengaja menambahkan kandungan protein, kalsium, dan beberapa vitamin untuk menarik minat para konsumen.

 

Namun dari penambahan tersebut muncul banyak pertanyaan, apakah tambahan gizi pada susu nabati bisa diproses dengan baik oleh tubuh seperti halnya yang berasal dari makanan secara alami.

Baca Juga  Jumlah Telor Yang Boleh Kita Konsumsi Dalam Sehari

 

kalau pada jenis susu sapi, nutrisi yang terkandung bersifat alami sehingga jauh lebih baik bagi tubuh dan diserap untuk berbagai kebutuhan kinerja organ tubuh.

 

Bukan hanya itu saja, susu sapi juga mempunyai kelebihan yaitu mengandung laktosa dan kasein yang bisa meningkatkan proses penyerapan kalsium dan vitamin D.

Artikel Terkait : Apa Yang dimaksud Dengan Susu Organik ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *