Apakah Aman Minum Susu Sapi Yang Sedang Hamil ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Mungkin kita yang suka membeli susu pasti pernah berfikiran apakah aman minum susu sapi yang sedang hamil ?. Sementara ini kebanyakan orang tidak pernah mempermasalahkan apakah sapi yang menghasilkan susu tersebut sedang hamil atau sakit.

 

Kita tahu bahwa manusia atau hewan yang sedang hamil mengalami banyak perubahan hormon dalam tubuhnya. Hal inilah yang mendorong beberapa orang bertanya tentang keamanan mengkonsumsi susu sapi yang sedang hamil. Ternyata berdasarkan sebuah hasil penelitian yang dilakukan di University of Ljubljana yang berada di Slovenia menyebutkan bahwa minum susu sapi yang sedang hamil tidak akan menyebabkan masalah kesehatan.

minum-susu-sapi

sumber gambar : www.huffingtonpost.com

Untuk membuktikan hal ini, maka para peneliti melakukan uji coba kepada tikus dengan memberikan susu sapi yang sedang hamil. Dari hasil pengamatan tidak ditemukan masalah kesehatan seperti perubahan hormon misalnya kadar estrogen dan perubahan organ reproduksi.

Baca Juga  Sering Konsumsi Kafein Saat Hamil Meningkatkan Resiko Keguguran

 

Kondisi yang sama dilakukan kepada para tikus jantan yang diberikan minum susu sapi hamil. Ternyata hasilnya sama dengan tikus betina yang diberikan susu sapi hamil. Tikus jantan tidak mengalami penurunan jumlah testosteron yang erat kaitannya dengan hormon reproduksi pria.

 

Dalam studi tersebut para peneliti juga memberikan uji coba memberikan susu yang mengandung estrogen 10 kali lipat lebih tinggi yang didapatkan dari sapi yang sedang hamil. Dari pemberian tersebut diketahui bahwa tikus baru tidak mengalami perubahan hormon. Namun saat konsentrasi estrogen dalam susu tersebut ditingkatkan sampai 1.000 kali lipat, maka baru muncul perubahan secara fisik.

Baca Juga  Dampak Buruk Memasrahkan Kesehatan Tubuh

 

Banyak orang yang beranggapan bahwa minum susu sapi yang sedang hamil bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti munculnya kanker prostat dan kanker payudara. Anggapan ini adalah tidak benar. Berdasarkan hasil studi tidak didapatkan data bahwa susu sapi yang sedang hamil bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

 

Dengan demikian bagi anda yang suka sekali mengkonsumsi susu sapi tidak perlu khawatir lagi tentang dampak buruk yang bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Yang perlu diperhatikan adalah jumlahnya. Tidak disarankan untuk mengkonsumsi susu sapi terlalu banyak.

Baca Juga  Tips Membedakan Antara Radang Tenggorokan Dengan Amandel

Baca Juga : Bahaya Minum Susu Terlalu Banyak Bisa Menyebabkan Kematian Dini

Artikel Terkait : Benarkah Kebiasaan Minum Susu Bisa Menyebabkan Obesitas ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *