Tugas Penting Umat Muslim memberikan Makanan

9 views
banner 468x60)

Inspirasibersama.com – Tugas Penting umat muslim salah satu contoh adalah memberikan makanan ,Umat muslim harus senantiasa bersikap ramah tamah terhadap tamu, ringan tangan, dan dermawan. Orang-orang yang mampu semestinya menolong orang-orang yang fakir dan lemah serta harus menganggap memberikan sebagian nikmat yang dianugerahkan Allah SWT kepada dirinya sebagai sebuah tugas kemanusiaan.

 

Orang-orang yang memiliki kelapangan rezeki hendaknya memberikan jamuan-jamuan makan pada waktu-waktu yang tepat. Sebab, jamuan-jamuan seperti ini dapat menjadi wasilah bertambahnya mahabbah dan keakraban serta dapat membantu berkembangnya kehidupan yang beradab secara sempurna.

Dalam Al-Quran, perilaku baik umat Islam dalam hal ini dihargai dan dinyatakan seperti ini, “…dan mereka (meskipun memiliki kebutuhan) memberikan makanan dengan senang hati kepada orang miskin, anak yatim, dan orang yang ditawan.” (QS Al-Insan: 8)

Maksudnya, umat muslim dari kelompok ini memberikan makanan dengan senang hati kepada orang-orang fakir yang tidak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya, serta kepada anak-anak yatim dan para tawanan perang. Meski memiliki kecenderungan hati dan kebutuhan terhadap segala sesuatu yang mereka belanjakan di jalan ini, mereka tidak pernah berhenti memberikan hartanya kepada orang-orang yang membutuhkan.

Umat muslim yang terpilih itu menginfakkan makanan dan harta yang diberikannya kepada orang-orang yang membutuhkan semata-mata untuk memperoleh ridha Allah SWT. Mereka juga tidak mengharapkan hadiah atau ucapan terima kasih sebagai imbalan atas semua itu. Mereka melakukan semua kebaikan tersebut dengan tujuan yang luhur seperti menunaikan tugas agama dan kemanusiaan serta memperoleh ridha Allah SWT.

Oleh karena itu, surat Al-Insan ayat 9 menerangkan tujuan luhur tersebut (yang artinya), “Sesungguhnya kami memberi makanan kepadamu hanyalah karena mengharapkan keridhaan Allah SWT, kami tidak mengharap balasan dari kamu dan tidak pula (ucapan) terima kasih.”

Baca juga : Yayasan Sosial Yatim dan dhuafa

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda, “Memberikan makanan dan berkata yang baik akan mengantarkan seseorang mendapatkan surga.” Maka dari itu, sungguh orang-orang muslim yang memberikan makanan, memberikan jamuan, dan infak kepada orang-orang yang berhak kelak di akhirat akan memperoleh balasan yang besar dan masuk ke surga. Selain itu, orang-orang yang mengikuti jalan yang telah ditunjukkan oleh agama kita yang mulia mengenai hal ini pasti akan memperoleh kemuliaan melihat Jamaalullah di surga.

Sumber artikel: Fazilet takvimi

banner 468x60)
Author: 
author

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply