Tips Yang Sangat Sederhana dan Murah Mencegah Stroke Adalah Dengan Rutin Berjalan Kaki

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Mengalami serangan stroke memang menjadi momok yang menakutkan. Tak sedikit diantara mereka yang mengalami serangan penyakit ini berujung pada kematian. Oleh karena itu para pakar kesehatan menyebut penyakit stroke sebagai penyakit yang sangat berbahaya. Kabar gembiranya adalah ternyata ada cara yang sangat sederhana dan murah dan terbukti bisa mencegah resiko stroke dengan rutin berjalan kaki.

sumber : http://carasehat123.blogspot.com – manfaat rutin jalan kaki untuk mencegah stroke

Hal ini sesuai dengan lansiran situs ternama luar negeri yang bernama boldsky.com yang menyebutkan bahwa untuk mencegah terjadinya penyakit stroke, kita harus menerapkan gaya hidup atau pola hidup yang sehat. Cara yang paling mudah adalah dengan rutin berolahraga yaitu jalan kaki.

Baca Juga  Waktu Pacaran Yang disarankan Sebelum Menikah

Bayangkan saja, menurut para pakar kesehatan menyebutkan bahwa kebiasaan berjalan kaki selama 30 menit setiap hari mampu menurunkan resiko terjadinya stroke sebesar 40 persen. Bukan hanya itu saja, orang yang rutin berjalan kaki minimal 30 menit setiap hari akan mengurangi resiko penyakit berbahaya lain seperti obesitas, gangguan jantung, osteoporosis, kanker dan juga diabetes.

Mengapa hal ini bisa terjadi ?. Menurut para pakar kesehatan mengatakan saat kita berjalan kaki, maka banyak anggota tubuh kita yang ikut bergerak. Kondisi ini ternyata berdampak pada sistem peredaran darah yang lebih lancar, menguatkan otot, memperbaiki sel-sel pada otak, dan bisa bermanfaat membuat denyut jantung lebih stabil.

Baca Juga  Pentingnya Makan Sambil Duduk

Bila kebiasaan jalan kaki ini dilakukan oleh kalangan muda, maka bisa mencegah resiko stroke sebanyak 40 persen. Sedangkan bagi mereka yang berusia 60 tahun lebih, kebiasaan rutin jalan kaki 30 menit sehari bisa menurunkan resiko stroke sampai 30 persen. Yang perlu ditekankan disini adalah bukan kecepatan berjalan, tetapi rutinitas berjalan kaki yang harus dilakukan. Semakin sering anda berjalan kaki setiap harinya, maka resiko stroke akan semakin besar.

Baca Juga  Bahaya Tertidur Saat Nonton TV

Meskipun rutin berjalan kaki 30 menit setiap hari memiliki manfaat yang sangat besar untuk mencegah stroke, maka hal ini juga harus diimbangi dengan pola makan dan gaya hidup yang sehat. Tetap menjaga pola makan yang sehat, tidur yang cukup dan rutin olahraga adalah komponen yang tidak bisa ditawar lagi. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait : Beberapa Mitos Yang Salah Tentang Penyakit Stroke 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *