Tips Mudah Meredakan Nyeri Haid Pada Hari Pertama

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Berbicara tentang menstruasi atau haid, sudah menjadi hal yang biasa terjadi pada wanita karena akan datang setiap bulan. Meskipun bukan menjadi hal yang aneh, menstruasi masih saja menjadi hal yang menyebalkan bagi wanita karena kerap menyebabkan rasa nyeri, badan pegal dan juga lemas. Lantas bagaimana tips meredakan nyeri haid secara alami ?

sumber : hellosehat.com – mengatasi nyeri haid hari pertama

Nyeri pada saat haid atau menstruasi biasanya akan sudah terasa pada hari pertama. Bahkan pada sebagian wanita hal ini bisa sangat menyiksa dan menganggu aktivitas sehari-hari. Secara umum penyebab terjadinya nyeri haid pada hari pertama dipengaruhi oleh adanya kontraksi yang terjadi pada rahim. Kontraksi tersebut terjadi karena adanya pelepasan dinding rahim yang disebabkan karena adanya peningkatan kadar prostaglandin. Selain itu nyeri juga disebabkan karena adanya pengaruh hormonal dimana hormon progesteron akan menyebabkan terjadinya ketegangan pada mulut rahim.

Baca Juga  Nutrisi Yang Penting Bagi Kesehatan dan Kesuburan Pria

Yuk simak bagaimana cara meredakan nyeri haid yang sering terjadi pada hari pertama :

Perbanyak Konsumsi Zat Besi

Tips yang pertama mencegah terjadinya nyeri haid pada hari pertama adalah dengan banyak mengkonsumsi makanan yang kaya kandungan zat besi. Mengapa demikian ? karena saat wanita mengalami menstruasi, maka akan ada perdarahan yang cukup banyak terjadi sehingga tak sedikit wanita yang sampai pingsan yang disebabkan karena anemia. Untuk mencegah hal ini maka sangat disarankan untuk memperbanyak konsumsi zat besi yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi sayuran bayam, ubi merah serta kacan-kacangan.

Kompres dengan Air Hangat
Tips kedua adalah dengan melakukan kompres pada bagian perut yang nyeri saat haid. Caranya adalah dengan memasukkan air hangat ke dalam botol plastik kemudian bisa kita tempelkan secara lembut pada bagian perut yang terasa nyeri akibat menstruasi. Hal ini akan membantu mengurangi ketegangan pada otot perut.

Baca Juga  Penyebab Anda Sulit Bangun Pagi

Lakukan Gerakan Yoga

Tips ketiga untuk membantu mengatasi nyeri haid yang datang pada hari pertama dengan cara melakukan gerakan yoga yang dikenal dengan sebutan cat pose. Gerakan cat pose pada yoga ini sangat bermanfaat untuk membuat otot bagian punggung kembali fleksibel.

Berbaring Sejenak
Cara selanjutnya untuk mengurangi rasa nyeri saat haid adalah dengan melakukan berbaring sejenak. Lakukan hal ini di kamar tidur atau sofa dengan menyangga bagian kepala dan lakukan berbaring ke posisi yang nyaman untuk bisa membantu mengatasi nyeri saat haid.

Baca Juga  Mengapa Program Diet Akan Lebih Sulit Dilakukan Di Usia 30-an?

Mengonsumsi Obat Pereda Nyeri
Cara terakhir untuk mengatasi nyeri haid pada hari pertama adalah dengan mengkonsumsi obat pereda nyeri. Lakukan cara ini jika sudah merasa tak tertahankan lagi yang membuat aktivitas fisik kita terasa sangat terganggu. Ada banyak pilihan obat perada nyeri haid yang bisa anda konsumsi. Namun sangat disarankan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk pemberian obat nyeri yang lebih tepat.

Artikel Terkait : Deretan Makanan Yang Bisa Membantu Meredakan Nyeri Haid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *