Tips Membersihkan Rumah Pasca Banjir

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Sejumlah kawasan di Jakarta akhir-akhir ini dilanda banjir. Nah yang penting saat ini adalah bagaimana cara membersihkan rumah pasca terjadi kebanjiran. Hal ini terbilang penting karena menyangkut kesehatan di dalam rumah.

sumber : Kompasiana.com – tips aman membersihkan rumah pasca banjir

Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan dalam rangka membersihkan rumah pasca banjir :

 

1. Matikan Arus Listrik
Hal pertama yang harus kita lakukan adalah dengan mematikan arus linstrik. Hal ini untuk mengantisipasi adanya aliran listrik yang leawt pada genangan air atau bagian rumah yang masih dalam kondisi basah.

Baca Juga  5 Jenis Makanan Yang Mengandung Karbohidrat Namun Bermanfaat Untuk Menurunkan Berat Badan

 

2. Gunakan Air Bersih atau Desinfektan
Yang kedua adalah membersihkan dengan menggunakan air yang bersih dan gunakan desinfektan. Hal ini disebabkan banjir sering kali disertai dengan lumpur dan juga banyak mengandung bakteri yang bisa memicu penyakit.

 

3. Kelompokkan Barang-barang
Selanjutnya kita harus bisa mengelompokkan barang-barang yang terendam banjir dan tidak. Bila perabotan rumah terendam banjir, maka segera bersihkan dengan air bersih karena bila dibiarkan bisa mengakibatkan kerusakan barang.

 

4. Perhatikan Barang Lembab
Yang ke empat kita harus memberikan perhatian yang lebih pada barang yang dalam kondisi lembab seperti baju, handuk, selimut dan beberapa perabotan lain untuk segera membersihkan atau mencucinya dan mengeringkannya. Keringkan barang-barang tersebut di bawah terik matahari untuk membunnuh berbagai bakteri yang mungkin masih menempel.

Baca Juga  Mengapa Sulit Sekali Menghindar Dari Keinginan Untuk Memencet Jerawat ?

 

5. Perhatikan Dinding
Dinding rumah adalah bagian yang sudah tentu terkena dampak banjir. Pasti akan ada cat yang mengelupas dan banyak lumpur yang menempe. Bersihkan tembo anda dengan air bersih dan lakukan penegcetan ulang guna mencegah kerusakan semakin parah.

 

6. Perbaiki Perangkat Elektronik
Perabotan rumah tangga yang tak luput dari dampak banjir adalah barang elektronik. Jika kondisinya ikut terendam atau lembab, maka segera bersihkan dan kita keringkan. Jangan menggunakan barang elektronik yang masih basah karena bisa memicu aliran listrik. Jika ternyata barang elektronik anda banyak yang tak bisa digunakan akibat banjir, maka bisa anda lakukan service dengan membawanya ke tukang service yang berpengalaman.

Baca Juga  Tempat Belajar Bisnis Online di Bogor

Artikel Terkait : Dampak Jika Jarang Mencuci Handuk 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *