Ternyata Bumbu Masakan Juga Bisa Memicu Darah Tinggi dan Diabetes

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Berbicara tentang makanan Indonesia tentu identik dengan rempah-rempah yang beraneka ragam. Hal inilah yang membuat cita rasa makanan Indonesia sangat disukai di seluruh dunia. Namun seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi, sekarang ini banyak tersedia bumbu instan yang sangat mudah digunakan dan tentunya dengan harga yang murah. Ternyata bumbu yang seperti inilah menurut para pakar kesehatan bisa memicu penyakit seperti darah tinggi dan diabetes.

sumber gambar : http://coretangina.blogspot.co.id

Ternyata menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa bumbu instan yang banyak beredar kaya akan kandungan natrium. Bila kandungan ini masuk dalam tubuh kita dalam jumlah yang berlebih, maka akan memicu tekanan darah tinggi atau hipertensi. Misalnya saja bumbu garam meja yang banyak dijual, saat kita hanya memberikan satu sendok teh saja pada makanan maka hal ini sudah memenuhi 97 % kebutuhan natrium tubuh kita dalam sehari.

Baca Juga  Tips Mengenali Anak Yang Mengalami Trauma Setelah Mengalami Kekerasan Fisik

Saat ini memang jamannya instan karena kebanyakan orang malas untuk membuatnya secara manual. Misalnya saja saat ini sering kali kita melihat bumbu jadi untuk memasak nasi goreng, lodeh, opor, rendang dll yang ternyata kandungan natriumnya sangat tinggi. Bisa setiap hari tubuh kita kemasukan bumbu-bumbu yang seperti ini, tentu akan memicu banyak penyakit berbahaya.

Selain beberapa bumbu instan tersebut, bumbu makanan yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan adalah mie instan. Saat kita membuat mie instan, maka akan tersedia bumbu siap jadi yang tinggal sobek sudah bisa kita campur di dalam rebusan mie. Bahkan bumbu ini memang memberikan rasa yang lebih nikmat saat mengkonsumsi mie instan. Ternyata dalam sebungkus bumbu mie instan sudah mengandung natrium sebanyak 1500 sampai 2300 natrium yang jumlah itu merupakan anjuran maksimal yang dibolehkan kita konsumsi dalam sehari.

Baca Juga  Ternyata Bau Kentut Bermanfaat Bagi Kesehatan, Tidak Percaya ?

Beberapa jenis penyakit yang sering muncul akibat asupan jumlah natrium yang berlebihan adalah hipertensi, gangguan jantung dan diabetes. Kita tahu bahwa semua penyakit tersebut tergolong penyakit yang berbahaya dan mengancam jiwa. Oleh karena itu jika kita ingin hidup yang sehat dan panjang umur, maka salah satunya adalah selektif saat menggunakan bumbu-bumbu makanan. Lebih disarankan untuk membuat bumbu masakan secara alami dan tidak membeli yang instan.

Baca Juga  Magnesium Mempunyai Peranan Yang Penting Bagi Tubuh Manusia

Itulah beberapa bumbu masakan yang ternyata berdampak kurang baik bagi kesehatan yang bisa memicu penyakit darah tinggi, diabetes dan gangguan jantung. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait : 4 Bahan Berbahaya Yang Sering Terdapat Pada Makanan Instan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *