Shalat Tasbih Adalah Istighfar Yang Paling besar

12 views
banner 468x60)

Inspirasibersama.com -Shalat Tasbih merupakan istigfar dan taubat yang paling besar dengan menyertakan seluruh anggota badan.Rasulullah SAW bersabda mengenai shalat Tasbih kepada pamannya, Sayidina Abbas bin Abdul Muthalib RA, “Wahai pamanku, maukah engkau aku ajarkan sebuah amalan yang dapat menghapus sepuluh (jenis) dosamu? Jika engkau melakukannya, mudah-mudahan dosamu yang awal dan yang akhir, yang baru dan yang lama, yang tidak disengaja dan yang disengaja, yang kecil dan yang besar, serta yang rahasia dan yang terang-terangan akan diampuni.

Amalan tersebut adalah shalat empat rakaat (shalat Tasbih). Jika engkau mampu, lakukanlah shalat ini setiap hari. Jika engkau tidak mampu, lakukanlah seminggu sekali, jika engkau tidak mampu juga, lakukanlah sebulan sekali. Jika tetap tidak mampu juga, lakukanlah setahun sekali. Jika engkau masih tetap tidak mampu, lakukanlah sekali dalam seumur hidupmu.”

Shalat Tasbih dilaksanakan sebanyak 4 rakaat dengan bacaan Tasbih sebanyak 300 kali, “Subhaanallaahi wal hamdulillaahi walaa ilaaha illallaahu wallaahu akbar walaa haula walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘azhiim.”

Jumlah tasbih yang dibaca dalam setiap rakaat shalat Tasbih adalah sebagai berikut.

15 kali sebelum membaca surat Al-Fatihah,

10 kali setelah membaca surat pilihan,

10 kali ketika rukuk (setelah membaca doa rukuk),

10 kali ketika iktidal,

10 kali ketika sujud yang pertama,

10 kali ketika duduk di antara dua sujud,

10 kali ketika sujud yang kedua.

Pada rakaat pertama, jumlah tasbih yang dibaca adalah 75.

Begitu juga pada rakaat kedua, ketiga, dan keempat, tasbih dibaca sebanyak 75 kali. Dengan begitu, jumlah tasbih seluruhnya yang dibaca dalam shalat adalah 300.

Shalat Tasbih merupakan shalat sunah yang dianjurkan. Membiasakan diri mengerjakan shalat Tasbih adalah suatu yang mustahab (disunahkan). Shalat tersebut lebih utama dikerjakan secara munfarid. Akan tetapi, orang-orang yang tidak tahu cara mengerjakan shalat Tasbih boleh mengerjakannya dengan cara berjamaah agar mendapatkan faedahnya.

Watawasubil Haq Watawasubisobr

Sumber artikel : Fazilet takvimi

banner 468x60)
Author: 
author

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply