Sering Mengalami Kepala Pusing Akibat Kehujanan ? Atasi Dengan Ini !

InspirasiBersama.com – Saat datang musim hujan seperti ini sering kali kita kehujanan di jalan. Kondisi ini kerap membuat banyak orang terkena berbagai penyakit. Salah satu penyakit akibat terkena air hujan yang juga banyak dialami adalah kepala pusing. Kondisi ini biasanya juga disertai dengan pilek. Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara mengatasi kepala pusing akibat kehujanan ?

sumber gambar : http://www.klikdokter.com

Ternyata menurut para pakar mengatakan bahwa ada banyak orang yang memang merasakan kepala pusing pasca kehujanan. Namun hal ini bukan disebabkan karena air hujan mengandung zat tertentu yang bisa memicu sakit kepala. Hal ini tentu berbeda dengan anggapan banyak orang yang menganggap air hujan memicu sakit kepala. Ternyata hal ini disebabkan karena adanya perubahan suhu tubuh yang mendadak akibat air hujan yang terasa dingin. Kondisi ini akan membuat pembuluh darah dalam tubuh kita menjadi menyempit yang berfungsi untuk menjaga suhu tubuh agar tetap hangat.

Baca Juga  Mengenali Gejala Awal Asma dan Pertolongan Pertama Yang Harus dilakukan

Akibat dari penyempitan pembuluh darah ini akan membuat aliran darah terutama yang menuju otak menjadi berkurang atau terhambat. Kondisi ini membuat suplai oksigen ke otak kita menjadi turun. Hal inilah yang kemudian menyebabkan sensasi pusing atau sakit kepala.

Sekarang kita masuk pada bagaimana cara mengatasi kepala pusing akibat kehujanan. Mungkin kita pernah mendengar anjuran dari orang tua kita bahwa saat kita kehujanan sebaiknya melakukan mandi dan keramas. Ternyata menurut kesehatan memang benar. Dengan cara mandi dan melakukan keramas maka bisa membuat pembuluh darah kembali normal. Namun yang disarankan adalah menggunakan air yang hangat sehingga suhu tubuh kita yang awalnya dingin bisa kembali stabil. Setelah kita melakukan mandi dengan air hangat, maka rasa pusing atau sakit kepala akan perlahan hilang seiring dengan melebarnya pembuluh darah kita.

Baca Juga  Begini Cara Mengurangi Lemak Pada Wajah

Artikel Terkait : Mengenal Lebih Jauh Tentang Pusing dan Vertigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *