Rasulullah SAW Bersumpah atas 3 Perkara apakah itu?

38 views
banner 468x60)

Inspirasibersama.com – Adalah Rasulullah SAW bersabda, “Aku bersumpah atas tiga perkara, dan aku pun akan menjelaskan satu hal lainnya, pahamilah hal tersebut dengan sebaik-baiknya.

Tiga perkara yang aku ingin sampaikan dengan bersumpah adalah sebagai berikut.

Pertama ;
(Berkah) Harta seorang hamba tidak akan berkurang dengan menyedekahkannya. Sebab, Allah SWT berfirman (yang artinya), “…dan apa saja yang kamu infakkan, Allah SWT akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang terbaik.” (QS Saba: 39)

Ke -2
Tidaklah seorang hamba dizalimi, lalu ia bersabar atasnya, kecuali Allah SWT akan menambahkan kemuliaan hamba tersebut di sisi-Nya dengan sebab amalnya itu. Demikian pula, akibat perbuatan zalimnya, seseorang akan ditambahkan kehinaannya.

Ke-3
Tidaklah seseorang mengemis dari orang lain (padahal ia tidak membutuhkan apa pun dan hanya bertujuan untuk mengumpulkan harta dan mencari kekayaan), kecuali Allah SWT akan membukakan pintu kefakiran baginya.”

Maksudnya, Allah SWT akan membukakan pintu-pintu kebutuhan tak terbatas atau akan mengambil semua nikmat-nikmat-Nya yang diberikan, dan pada akhirnya, ia akan jatuh ke dalam masalah yang besar.

Demikianlah, hal seperti ini banyak kita saksikan. (Mirqatul Mafatih)

HAMBA YANG PALING DICINTAI

Rasulullah SAW bersabda, “Demi Allah yang diri Muhammad berada di dalam genggaman-Nya (jika kalian menghendaki, tentu aku akan mengulangi lagi sumpahku), sesungguhnya orang-orang yang paling dicintai oleh Allah SWT adalah orang-orang yang berhasil menanamkan rasa cinta kepada Allah SWT dalam diri hamba-hamba-Nya, orang-orang yang memberikan petunjuk kepada hamba-hamba-Nya agar Allah SWT mencintai mereka, dan orang-orang yang selalu memberikan nasihat semasa hidupnya.”
(Al-Bahrul Madid)

PEPATAH bijak

Seberat apa pun masalah yang kau hadapi, yakinlah bahwa itu masih bisa dihadapi.

Pedagang yang penakut tidak akan mendapatkan keuntungan dan kerugian.

Kebahagiaan terletak pada kemenangan memerangi hawa nafsu dan menahan kehendak yang berlebih-lebihan.

Nikmat sehat akan terasa jika kita pernah sakit, dan nikmat hidup akan terasa jika kita pernah mendapatkan musibah.

Sumber : Fazilet takvimi

banner 468x60)
Author: 
author

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply