Penyebab Bayi Sering Muntah Setelah Minum ASI

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Penyebab bayi sering muntah setelah minum ASI. Jika anda punya anak kecil, maka tentunya sudah akrab dengan yang namanya ‘gumoh’ menurut istilah banyak orang. Hal ini kerap terjadi pasca bayi diberikan ASI. Sebagian orang tua tentu ada yang panik saat anaknya mengalami hal ini, mengingat ASI adalah nutrisi terbaik bagi bayi. Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa hal ini sering terjadi ?.

sumber gambar : http://www.solusisehatku.com

Semua pakar kesehatan sepakat kalau ASI memang menjadi nutrisi yang paling baik diberikan kepada bayi yang baru lahir terutama enam bulan pasca dilahirkan. Hal ini berguna untuk mendukung perkembangan dan kesehatan bayi agar tumbuh dengan maksimal. Ternyata kualitas suatu ASI sangat erat dengan makanan yang dikonsumsi seorang ibu. Ternyata pola makan yang tak sehat yang dilakukan oleh ibu menyusui bisa mempengaruhi kesehatan si bayi seperti terjadinya muntah atau humoh setelah minum ASI.

Baca Juga  Bagusan Mana Olahraga Sendiri Atau Berkelompok ?

Nah penting sekali seorang ibu menyusuai mengetahui beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa berdampak refluks asam lambung yang seruing dialami bayi pas menyusui :

Kafein
Jenis minuman pertama yang dilarang adalah kafein. Jadi seorang ibu yang menyusui tak disarankan mengkonsumsi minuman yang banyak mengandung kafein seperti kopi, dan minuman bersoda.

Baca Juga  Minyak Astiri Berkhasiat Dalam Mengendalikan Emosi

Makanan pedas
Meskipun ibu menyusui sangat suka dengan makanan yang pedas, namun saat proses menyusui sebaiknya keinginan ini ditahan dulu. Pasalnya mengkonsumsi makanan pedas saat menyusui bayi bisa menyebabkan gangguan lambung pada bayi seperti muntah.

Gorengan
Konsumsi banyak gorengan ternyata juga bisa menyebabkan bayi kita mudah mengalami muntah pasca menyusui. Hal ini disebabkan karena gorengan kaya akan kandungan lemak jahat yang akan berpengaruh buruk pada kesehatan pencernaan si bayi.

Jus buah kemasan
Mengkonsumsi jus buah segar selama menyusui memang sangat bagus bagi kesehatan ibu dan bayi. Namun jika yang dikonsumsi adalah jus kemasan, maka efeknya bisa mempengaruhi kesehatan lambung bayi yang bisa memicu muntah pasca menyusui. Ternyata jenis minuman ini kurang sehat bagi kesehatan ibu maupun bayi.

Baca Juga  Benarkah Alat Pemancung Hidung Berbahaya ?

Artikel Terkait : Kiat Untuk Membentuk Anak Yang Cerdas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *