Orang Tua Harus Waspada Obesitas Pada Anak

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Ternyata obesitas bukan hanya berbahaya bagi orang dewasa saja, tetapi juga bagi kalangan anak-anak. Menurut sebuah data menyebutkan bahwa angka obesitas pada anak di Indonesia cukup tinggi. Oleh karena itu para orang tua harus waspada karena obesitas memicu munculnya penyakit pada anak.

sumber gambar : http://nakita.grid.id

Para orang tua harus mengetahui kapan seorang anak dikatakan obesitas. Menurut para ahli mengatakan bahwa untuk mengatakan seorang anak termasuk kategori obesitas, maka barometer yang digunakan adalah Body Mass Index (BMI). Jadi patokannya bukan hanya tinggi dan berat badan saja. Selain itu para orang tua juga dituntut mengerti beberapa penyebab seorang anak mengalami obesitas yang bersifat multifaktorial.

Baca Juga  Manfaat Hubungan Seks Yang Memuaskan Ternyata Bisa Mengurangi Sakit Kepala

Seorang anak yang obesitas bisa disebabkan karena faktor genetik dan lingkungan. Meskipun demikian para pakar mengatakan bahwa faktor lingkungan menjadi penyebab terbesar banyaknya kasus obesitas pada anak. Dengan demikian perlu sebuah kontrol yang lebih dari orang tua untuk menurunka resiko obesitas pada anak.

Seorang anak yang mengalami obesitas akan meningkatkan resiko terjadinya penyakit jangka panjang, seperti hipertensi dan penyakit jantung koroner (PJK). Bukan hanya itu saja, beberapa komplikasi penyakit yang rentan terjadi pada anak yang obesitas adalah diabetes tipe 2, tumpukan lemak dalam hati, gangguan persendian, batu empedu dan sleep apnea (gangguan tidur).

Baca Juga  Ketahui Alsan Mengapa Kebanyakan Anak Sulit Saat Dibangunkan dari Tidur

Jadi sekarang kita tahu bahwa obesitas pada anak akan memicu penyakit kronis dalam jangka panjang. Oleh karena itu para pakar kesehatan sangat menyarankan bagi para orang tua untuk waspada terhadap faktor lingkungan yang memicu obesitas pada anak seperti suka bermain gadget, jarang bermain di luar rumah, suka makan junk food, fast food dan makan secara berlebih.

Baca Juga  Pentingnya Memberikan Mainan Pada Anak Sejak Lahir

Artikel Terkait : 3 Jenis Makanan Yang Efektif Menangkal Efek Buruk Junk Food

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *