Menu Diet Bagi Ibu Hamil yang Mengalami Diabetes Gestasional

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Apakah anda pernah mendengar tentang diabetes gestasional ?. Ini adalah sebuah kondisi peningkatan kadar gula darah atau hiperglikemi pada wanita yang sedang hamil. Kondisi ini tentu bisa mengakitkan bahaya, namun dengan penerapan diet yang tepat maka masalah ini secara umum bisa diatasi.

sumber : hellosehat.com – menu diet bagi ibu hamil yang mengalami diabetes gestasional

Tahukah kita bahwa setiap wanita yang hamil beresiko mengalami diabetes gestasional. Bahkan berdasarkan hasil studi resiko ini sebesar 7 sampai 14 persen. Untuk mencegah terjadinya hal ini, maka pengaturan diet adalah menjadi hal yang sangat penting untuk mencegah terjadinya peningkatan kadar gula dalam darah. Namun dalam kenyataannya banyak wanita hamil yang tak menyadari kondisi ini.

Baca Juga  Khasiat Rambut Jagung Bisa Mencegah Diabetes

Bagaimana jika ternyata wanita hamil sudah terlanjur mengalami diabetes gestasional. Berdasarkan sebuah hasil studi menyebutkan bahwa dengan penerapan pola makan yang tepat, maka 80 persen kejadian diabetes gestasional bisa terasi.

Nah bagaimana pola makan atau diet yang dianjurkan bagi seorang ibu hamil yang mengalami diabetes gestasional ?

1.    Energi tetap tercukupi agar berat badan dapat bertambah

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah memilih jenis makanan yang tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah namun tetap bisa memberikan asupan energi serta gizi bagi ibu hamil agar berat badan bisa tetap bertambah.
2.    Pemenuhan kebutuhan vitamin dan mineral

Hal kedua yang harus menjadi perhatian adalah kebutuhan akan vitamin dan mineral. Bila seorang ibu hamil mengalami diabetes gestasional, maka bukan berarti harus mengurangi asupan vitamin dan mineral. Lakukan pemenuhan akan vitamin dan mineral seperti pada kehamilan biasa.
3.    Pemilihan jenis makanan yang tepat

Baca Juga  Benarkah Bayi Sebelum Berusia 40 Hari dilarang Untuk Keluar Rumah ?

Yang terakhir adalah memilih jenis makanan yang tepat bagi seorang ibu hamil dengan gestasional :

– Bervariasi dari semua golongan makanan

Harus tetap memperhatikan untuk variasi makanan yang terdiri dari pemenuhan karbohidrat, protein, sayur, lemak, susu serta buah. Jadi tidak boleh hanya mengkonsumsi golongan makanan tertentu saja.

– Makan dengan jadwal yang teratur

Yang kedua tetap memperhatikan jadwal makan yang teratur yaitu sebanyak 3x untuk jenis makan besar yang dilakukan pada pagi, siang dan malam hari. Sedeangkan untuk camilan bisa dilakukan 3x juga yang dilakukan setiap 3 sampai 4 jam sekali.

Baca Juga  Kopi Ternyata Sangat Bagus Untuk Ketahanan Tubuh Atlet

– Mengurangi makanan manis

Yang terakhir yang harus dihindari bagi wanita hamil yang mengalami diabetes gestasional adalah mengurangi asupan makanan yang manis yang bisa berasal dari makanan maupun minuman.

Itulah beberapa pola makan atau diet bagi seorang ibu hamil yang mengalami diabetes gestasional. Yang tak boleh juga dilewatkan adalah tetap rutin melakukan olahraga atau tetap beraktivitas fisik guna membantu menstabilkan kadar gula dalam darah.

Artikel Terkait : Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *