Mengenal Arti Syafaat

10 views
banner 468x60)

Inspirasibersama.com – Syafaat adalah permohonan dan pengharapan Rasulullah SAW dan para wali Allah kepada Allah SWT agar mengampuni sebagian orang mukmin yang berdosa dan meninggikan derajat-derajat orang mukmin yang taat di akhirat.

Orang yang akan memberikan syafaat terbesar agar segera dilakukannya pengadilan dan perhitungan (amal) atas seluruh umat manusia di akhirat adalah Rasulullah SAW. Syafaat beliau ini disebut dengan “syafa’atul ‘uzma” (syafaat terbesar).

Sementara itu, makam yang tinggi dan hak-hak istimewa yang dimiliki beliau seperti ini disebut dengan “maqam mahmud”.

Ketika seluruh manusia akan dikumpulkan di padang mahsyar, makam mulia Rasulullah SAW akan dibukakan pertama kali sebelum makam siapa pun.

Kemudian, beliau mengumpulkan seluruh nabi dan rasul di bawah (bendera) Liwaus Sa’adah. Pemberi syafaat pertama atas orang-orang yang layak mendapat syafaat adalah Rasulullah SAW.

Rasulullah SAW bersabda, “Syafaatku pada hari kiamat adalah hak (sungguh akan terjadi). Orang-orang yang tidak meyakininya tidak akan memperoleh syafaatku.”

Karena Rasulullah SAW memiliki kasih sayang dan kedermawanan yang sangat tinggi, beliau akan memberikan syafaat pada hari kiamat kepada seluruh ahli iman, khususnya kepada umatnya sendiri.

Beliau akan memohon ampunan dan rahmat kepada Allah SWT agar sebagian dari mereka sama sekali tidak masuk ke dalam neraka dan azab-azab sebagian dari mereka diringankan atau mereka dapat segera keluar dari neraka.

Permohonan beliau ini pun akan dikabulkan. Sementara itu, orang-orang yang tidak meyakini bahwa Rasulullah SAW akan memberikan syafaat, tidak akan mendapatkan syafaat ini.

Rasulullah SAW bersabda, “Wahai Anas, perbanyaklah sahabat-sahabatmu (yang setia). Sebab, pada hari kiamat sebagian dari kalian akan menjadi pemberi syafaat kepada sebagian yang lain.”

Sahabat-sahabat yang setia dan memiliki keutamaan dapat memberikan syafaat di akhirat sebagaimana mereka dapat menolong ketika di dunia. Dengan demikian, bersahabat dengan orang yang saleh seperti itu sama halnya dengan sebuah keberhasilan yang besar.

Sumber artikel; Fazilet takvimi

banner 468x60)
Author: 
author

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply