Mengapa Setelah Olagraga Disarankan Untuk Makan ?

InspirasiBersama.com – Mengapa setelah olahraga disarankan untuk makan ?. Tak sedikit orang yang tidak makan setelah melakukan olahraga pagi. Hal merupakan sebuah kesalahan dan bisa memicu masalah kesehatan.

sumber gambar : http://www.infophoria.com

Tahukah kita bahwa menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa makan setelah satu jam berolahraga adalah cara terbaik untuk memulihkan kembali kondisi tubuh yang lelah, kekurangan energi setelah melakukan banyak aktivitas.

Kebiasaan suka melewatkan makan setelah berolahraga akan bisa menyebabkan turunnya kesehatan. Namun jika hal ini hanya sekali dua kali anda lakukan tidak akan menimbulkan dampak yang cukup serius.

Berikut ada 3 alasan mengapa sangat disarankan untuk makan pasca melakukan olahraga :

Baca Juga  Memanaskan Makanan Yang dibolehkan Menurut Kesehatan

1. Gula darah rendah dan merasa pusing

Alasan pertama mengapa disarankan makan setelah berolahraga adalah karena pasca olahraga menyebabkan gula darah menjadi rendah dan bisa menyebabkan pusing. Pada saat kita tak makan pasca berolahraga, maka secara alamiah tubuh akan berusaha untuk menghemat energi.

Pada kondisi ini tubuh kita akan memanfaatkan cadangan glikogen. Padahal fungsi dari glikogen ini untuk menjaga gula darah agar tetap stabil. Apabila jumlah glikogen menurun dan kita tidak segera makan, maka otak akan kehabisan sumber gula. Kondisi ini bisa menyebabkan rasa pusing.

Baca Juga  Bahagia Tidak Ditentukan Oleh Banyaknya Uang

2. Otot tidak akan terbentuk dan kram

Alasan kedua disarankan makan setelah melakukan olahraga adalah agar tidak terjadi kram dan otot kita bisa terbentuk. Saat tubuh kekurangan energi, maka akan berusaha memanfaatkan cadangan bisa berupa lemak dan juga otot.

Bila sampai tubuh mencari cadangan energi dari otot, maka yang terjadi adalah kelemahan pada otot. Kram otot bisa terjadi akibat ada banyak elektrolit yang terbuang saat kita berolahraga.

3. Dehidrasi

 

Alasan ketiga mengapa disarankan untuk makan atau minum setelah berolahraga adalah untuk mencegah dehidrasi. Saat berolahraga memang ada banyak elektrolit yang keluar bersama dengan keringat. Kondisi ini lebih buruk saat cuaca sedang ekstrim atau panas.

Baca Juga  Tips Mendidik Anak Angkat Yang Baik

Bila kita tak segera mengambil air pasca berolahraga, tentu akan menyebabkan tubuh kekurangan cairan. Hal ini bisa memicu adanya gangguan irama jantung yaitu aritmia atau berbedar-debar.

Artikel Terkait : Bagaimana Pola Minum Yang Benar Menurut Kesehatan ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *