Mengapa Kita Disarankan Untuk Makan Sayur dan Buah Setiap Hari ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Bukan sebuah rahasia lagi kalau makan buah dan sayur bisa membuat tubuh kita lebih sehat. Ini menjadi sebuah bagian dari pola makan dan gaya hidup yang sehat. Dengan rutin mengkonsumsi buah dan sayuran setiap hari, maka kebutuhan akan nutrisi tubuh akan terpenuhi yang membuat tubuh kita lebih sehat dan tak mudah sakit.

sumber : https://dinkes.malangkota.go.id – pentingnya rutin makan buah dan sayur setiap hari

Bahkan menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa konsumsi buah dan sayuran bagi orang dewasa sangat penting karena bisa mencegah terjadinya kematian dini. Harus berapa banyak mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari ? Menurut Dr Dagfinn Aune mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi setidaknya 5 porsi buah dan sayuran setiap hari akan bisa menurunkan resiko terjadinya kematian dini.

Baca Juga  Efek Negatif Mengkonsumsi Nasi dan Pasta Dalam Kondisi Dingin

Yang dmaksud dengan resiko kematian dini disini adalah penyakit kronik yang bisa menyebabkan seseorang mengalami kematian seperti penyakit jantung, diabetes, stroke, kanker dll. Dengan rutin mengkonsumsi buah dan sayuran setiap hari, maka akan memberikan asupan nutrisi bagi tubuh untuk mencegah munculnya penyakit kronik tersebut.

Meskipun demikian para pakar kesehatan mengingatkan untuk lebih cermat dalam memilih jenis buah dan sayur yang baik untuk kesehatan tubuh. Misalnya saja untuk mencegah penyakit kanker maka lebih banyak konsumsi sayuran hijau, buah yang berwarna cerah seperti merah, hijau dan kuning. Sedangkan untuk mencegah kerusakan jantung maka disarankan untuk lebih banyak konsumsi buah yang banyak kandungan air seperti apel, pir, semangka dan juga jeruk.

Baca Juga  Inilah 4 Cara Yang Tidak disarankan Dalam Pemakaian Minyak Zaitun

Walau dengan rutin mengkonsumsi buah dan sayuran setiap hari bisa mencegah kita terhadap kematian dini, para pakar kesehatan juga sangat menyarankan untuk menerapkan gaya hidup yang sehat yaitu rutin berolahraga atau banyak beraktivitas fisik, minum air putih yang cukup, hindari merokok dan minum alkohol serta jangan stres.

Artikel Terkait : Manfaat Buah Semangka Merah dan Kuning Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *