Mengapa Banyak Makan Dapat Menggelapkan Hati

74 views
banner 468x60)

Inspirasibersama.com – Banyak Makan Dapat Menggelapkan Hati ,Manusia butuh makan sebagai sarana untuk hidup namun makanlah sesuai dengan aturan agar senantiasa keberkahan ,Manusia seharusnya makan dan minum dengan tujuan mendapatkan kekuatan untuk melaksanakan ibadah dan amal saleh.

Hal yang layak untuk mereka adalah makan dan minum sekadar untuk memenuhi kebutuhan, bukan untuk mendapatkan kesenangan dan kelezatan.

Tatkala Salman Al-Farisi RA didesak agar sedikit menambah makannya, ia berkata, “Makanan ini sudah cukup bagiku. Sebab, aku pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘Orang-orang yang makan hingga terlalu kenyang di dunia adalah orang yang akan paling banyak merasakan kelaparan di akhirat’.”

Abu Juhaifah RA menuturkan sebagai berikut. “Pada suatu hari, aku memakan makanan terbuat dari gandum dan daging, lalu aku menghadap Rasulullah SAW. Pada saat itu, aku bersendawa (karena sudah makan terlalu banyak).

Rasulullah SAW melihat keadaanku itu lalu bersabda, “Wahai Abu Juhaifah, hindarilah sendawa (hindarilah makan banyak yang menyebabkan sendawa). Orang-orang yang makan hingga kekenyangan di dunia adalah orang yang akan paling banyak merasakan kelaparan di akhirat.”

Putra Abu Juhaifah RA berkata, “Setelah peristiwa itu, ayahku, Abu Juhaifah RA, tidak pernah makan terlalu kenyang hingga ia wafat.”

Aisyah (R.anha) berkata, “Setelah wafatnya Rasulullah SAW, musibah terbesar yang akan menimpa umat ini adalah banyak makan. Sebab, apabila sebuah kaum makan hingga kekenyangan, badan mereka akan menjadi gemuk.

Dengan demikian, hati mereka akan merasa berat untuk beribadah kepada Allah SWT, lalu mereka menjadi budak hawa nafsunya sendiri.”

Umar bin Khattab RA berkata, “Wahai manusia, hindarilah banyak makan karena hal itu akan menyebabkan seseorang menjadi malas dalam melaksanakan shalat dan mengakibatkan penyakit dan rasa lelah pada tubuhnya.

Sesungguhnya Allah SWT murka kepada orang-orang yang mendalami ilmu agama, tetapi berbadan gemuk (disebabkan banyak makan). Hindarilah makan terlalu banyak! Makanlah secukupnya! Sebab, hal itu lebih dekat pada kemaslahatan, jauh dari israf, dan memberikan kekuatan lebih banyak untuk beribadah kepada Allah SWT.

Seorang hamba tidak akan celaka selama ia tidak lebih memilih syahwatnya daripada agamanya.”

Salah seorang sahabat yang bernama Qais bin Rafi RA berkata, “Celakalah orang yang hanya mementingkan perutnya dalam hal agama, dunia, dan segala urusannya!”

Seorang tabi’in yang bernama Abu Jafar RH berkata, “Ketika perut kekenyangan, tubuh akan memberontak dan nafsu akan bergelora.”

Fudhail bin Iyadh RH berkata, “Ada dua hal yang dapat menggelapkan hati, yaitu banyak bicara dan banyak makan.”

Sumber artikel; Fazilet takvimi

banner 468x60)
Author: 
author

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply