Memanfaatkan Momentum Ramadan Untuk Mengatasi Kegemukan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Melakukan puasa di bulan Ramadan bukan hanya sekedar menjalankan perintah agama saja. Tetapi dibalik itu ada banyak manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan salah satunya adalah mengatasi kegemukan atau obesitas. Oleh karena itu mari kita dengan ikhlas menjalankan ibadah puasa dengan optimal.

sumber : https://lifestyle.okezone.com – menurunkan berat badan dengan puasa

Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa saat kita berpuasa maka artinya kita akan mengkonsumsi makanan dan minuman dalam jumlah yang lebih sedikit. Kondisi ini akan berdampak pada penurunan jumlah lemak yang mengendap di dalam tubuh. Hal ini tentu akan sangat membantu dalam menurunkan berat badan sehingga menghindarkan kita dari resiko obesitas. Meski puasa mempunyai manfaat kesehatan yang besar, tetapi menjalankan puasa harus berlandaskan atau niat untuk ibadah.

Baca Juga  Minyak Astiri Berkhasiat Dalam Mengendalikan Emosi

Bukan hanya itu saja, saat tubuh kita ,merasa lapar karena puasa maka hati atau liver manusia akan melakukan fungsi dengan mengkonsumsi gula serta lemak yang tersimpan dalam tubuh. Gula dan lemak tersebut akan dialihkan menjadi sebuah sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk bergerak. Dengan kejadian yang seperti ini, maka akan ada pengurangan jumlah air yang sangat banyak di dalam tubuh yang terdapat di banyak jaringan sehingga menjadi cara yang sangat efektif untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga  Sering Minum Alkohol Bisa Meningkatkan Resiko Kanker

Pola puasa yang dengan melakukan sahur dan berbuka puasa secara teratur akan sangat efektif juga untuk menjaga berat badan kita tetap ideal dan menghindarkan kita dari resiko kegemukan. Oleh karena itu sangat disarankan baik secara agama maupun sudut pandang kesehatan untuk melakukan sahur dan berbuka secara teratur saat menjalankan puasa.

Baca Juga  Tips Mengatasi Wanita Yang Sulit Hamil Karena Alergi Sperma

Dengan segudang manfaat kesehatan puasa terhadap kesehatan kita, maka jangan bermalas-malasan ya untuk menjalankan puasa di bukan Ramadhan yang penuh dengan berkah. Semoga dengan datangnya bulan Ramadhan 2018 ini bisa memberikan kita manfaat positif baik bagi agama maupun kesehatan kita, amien.

Artikel Terkait : Tips Puasa Ramadhan Bagi Penderita Diabetes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *