Manfaat Terapi Musik Bagi Bayi

header niko 728 x 90

terapi musik bagi bayi

InspirasiBersama.com – Mendengarkan musik memang terasa menyenangkan dan membuat hati kita lebih tenang. Ternyata kondisi ini bukan hanya terjadi pada orang dewasa saja, bagi seorang bayi ada banyak manfaat mendengarkan musik.

Berdasarkan hasil studi mengatakan bahwa seorang bayi yang sering mendapatkan terapi musik, maka sangat bagus bagi perkembangan otaknya. Selain itu alunan bahasa yang ritmis membantu seorang bayi dalam melatih kemampuan berbicara.

Dalam sebuah studi lain yang dilakukan di Universitas Washington menyatakan bahwa seorang bayi yang berusia 9 bulan dan sering mendapatkan terapi musik, maka terbukti bisa meningkatkan kemampuan otaknya.

Baca Juga  Ini Dia Alasan Mengapa Nikah Usia Remaja Dilarang

Hasil dari penelitian ini telah dipublikasikan dalam Prosiding national Academy of Sciences. Dalam studi tersebut para peneliti telah melakukan pengamatan kepada 20 bayi selama 15 menit setiap harinya selama satu bulan. Dari 20 bayi tersebut 19 bayi mendapatkan terapi musik.

Hasilnya adalah bagi bayi yang mendapatkan rangsangan musik, maka memiliki perbedaan aktivitas pada otaknya. Perbedaan tersebut terletak pada cara respon otak yang berhubungan dengan apa yang didengar. Mereka yang mendapatkan terapi musik memiliki respon otak yang lebih kuat dari pada bayi yang tidak mendapatkan terapi musik.

Baca Juga  Tips Mudah Mencintai Diri Sendiri Demi Kesehatan Yang Lebih Baik

Bahkan menurut seorang penulis studi yang bernama T. Christina Zhao mengatakan bahwa ada banyak manfaat yang didapatkan seorang bayi yang sering mendengarkan alunan musik yang ritmis. Hal ini mampu dan terbukti meningkatkan kemampuan bayi dalam berbicara.
Bukan hanya itu saja, mendengarkan musik atau memainkan alat musik pada bayi juga memiliki banyak manfaat bagi kemampuan kognitif otak bayi.

Ternyata alunan musik tidak hanya bermanfaat bagi bayi saja, saat bayi masih dalam kandunganpun sangat bagus jika diperdengarkan musik. Terapi ini mampu meningkatkan kemampuan pendengaran bayi dalam kandungan. Selain itu bisa membuat bayi lebih tenang.

Baca Juga  Manfaat Mengkonsumsi Gula Jawa Bagi Kesehatan

Artikel Terkait : Dampak Negatif Bayi Yang Sering Menghisap Jari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *