Manfaat Sedekah walau dalam keadaan ekonomi yang sulit dan sempit

Inspirasibersama.com – Kebiasaan bersedekah Adalah Akhlaq yang mulia bagi yang berharta dengan harta atau dengan bahasa senyum juga Sedekah,Takan susah walau Sedekah bahkan harta nya kan bertambah tambah itulah sepenggal lirik lagu bang haji Rhoma irama Yg begitu familiar di hati kita dan Alhamdulillah kita sudah dibulan penuh berkah bulan istimewa bulan suci Ramadhan.
Ramadhan telah tiba dan ayat Alquran yang sering dibacakan pada bulan ini adalah surat Al-Baqarah 183.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Arti nya :
Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ ۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۗ يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya :
Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.

Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.

 

Dalam ayat di atas itu dijelaskan bahwa Manfaat tujuan berpuasa adalah agar para pelaku nya menjadi bertaqwa, oleh karena itu, kita perlu tahu apa indikator orang yang bertaqwa agar kita bisa mengukur diri apakah puasa kita berhasil.

Sedangkan Berdasarkan surat Ali Imran 134-135 bisa anda buka ( Surat ali imran ayat 134-135 membahas mengenai sifat mulia yaitu sedekah dikala lapang dan sempit serta mudah memaafkan kesalahan orang lain adapun kesimpulannya

Adalah ciri orang bertaqwa itu ada 4.

Pertama
Mereka rajin Sedekah baik diwaktu lapang maupun sempit.

Ke-2
Orang yang mampu menahan amarah.

Ke -3
Orang yang memaafkan kesalahan orang lain.

Ke-4
Orang yang bertaubat dengan sungguh-sungguh.

Bagi kita yang sudah menjalani puasa ramadhan berulang-ulang, pertanyaan yang perlu kita ajukan pada diri sendiri, sudahkah budaya sedekah atau berinfaq mengkristal dalam diri kita? Meskipun kita dalam kondisi susah sempit ekonomi lagi belum mendukung..

Apakah kita sudah terbiasa sedekah,infaq walaupun dalam keadaan ekonomi yang sulit?

Baca juga : kisah inspiratif tentang istri yang rajin Sedekah

Kalau sudah terbiasa sedekah,berinfaq apakah yang kita keluarkan dalam jumlah yang pantas atau hanya sekedar recehan?

Orang yang puasanya berhasil juga mampu menahan amarah.Perasaan marah biasa nya dilampiaskan dalam bentuk ucapan seperti umpatan,celaan, dan semacamnya.atau dalam bentuk perbuatan seperti memukul, menendang dan semacamnya.

Menahan amarah berarti menahan diri dari ucapan atau perbuatan yang menjadi bentuk pelampiasan marah tersebut.sudahkah mampu menahan amarah menjadi karakter dasar atau kebiasaan berulang kita?

Pertanyaan selanjutnya apakah kita sudah mempunyai kebiasaan memaafkan orang yang berbuat kesalahan kepada kita? Atau kita masih punya kebiasaan mengungkit-ungkit kesalahan masa lalu orang lain?

Apakah kita sudah enjoy mendoakan kebaikan orang-orang yang pernah menyakiti atau merendahkan kita?

Tidak ada manusia biasa yang tidak pernah berbuat dosa. saya pernah berbuat dosa andapun Juga pernah berbuat dosa .itu manusiawi.tetapi orang yang bertaqwa akan segera bertaubat dan memohon ampun kepada Allah SWT serta berkomitmen untuk tidak mengulangi kesalahan tersebut.

Saat menulis tulisan ini saya terdiam sejenak jangan-jangan saya tidak mampu meraih tujuan berpuasa? Jangan – jangan saya hanyalah manusia yang hanya mendapatkan lapar dan dahaga saat berpuasa.
Betapa banyak orang yang berpuasa tetapi tidak mendapatkan pahala puasa.apakah saya termasuk didalamnya.

baca juga : Mengapa sedekah bisa membuat kita lebih bahagia

Manfaat Sedekah banyak sekali dan dibawah ini bisa menjadi Tambahan ilmu

1.seseorang yang bersedekah akan mendapatkan perlindungan dari musibah dan keburukan.

2.memupuk rasa keimanan diri sendiri terhadap Allah. Selain itu, sedekah juga dapat dijadikan bentuk rasa syukur kepada Allah atas segala kenikmatan yang telah diberikan kepada umat-Nya.

3.Dengan bersedekah, seseorang akan merasa bahagia dan tidak ada kekhawatiran baginya. Seseorang akan berpikir bahwa apa yang telah dilakukannya sangat bermanfaat sehingga muncul pemikiran positif.

4.Beberapa penelitian menyebutkan bahwa sifat dermawan dapat menyehatkan dan memanjangkan umur kita.

5.Sedekah dapat menjauh pikiran-pikiran negatif seseorang, sehingga hatinya akan selalu bermurah untuk membantu mereka yang membutuhkan bantuan.

Itulah beberapa manfaat dari sedekah yang perlu kamu ketahui. Jika sudah mengetahui manfaatnya, semoga kita semua dapat menjadi pribadi yang lebih bersemangat untuk berbagi kepada sesama.

Selain mendapatkan pahala yang berlipat, sedekah dalam keadaan ekonomi yang sulit dan sempit  juga dapat mendatangkan keajaiban adakalanya keajaiban itu Muncul disaat kita hadapi kesulitan dalam hidup itulah yang namanya Rizqi tidak terduga Datangnya.

ALLAH SWT Sungguh tidak Pernah Mengingkari JANJINYA.Bagi Anda yang ingin menunaikan dapat mulai bersedekah melalui Donasi Online Rekening Ypmi

Wallahu alam
Salam sukses mulia.

Sumber artikel: Jamil azzaini
Editor :Yudi Hartoyo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *