Manfaat Mengkonsumsi Bit Bagi Kesehatan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Buah yang tergolong dalam jenis umbi-umbian ini ternyata mempunyai manfaat yang besar bagi kesehatan. Sebenarnya informsi ini bukan hal yang baru, sejak lama banyak orang mengenal bit memiliki manfaat obat. Untuk mendapatkan khasiat bit kita bisa mengkonsumsinya dengan cara di jus.

Yang harus anda perhatikan saat mengkonsumsi bit dengan cara menjadikannya jus adalah harus dicampur dengan buah lain. Hal ini disebabkan karena kalau langsung kita buat jus tanpa campuran buah yang lain, maka justru bisa membuat denyut jantung kita meningkat, membuat badan menjadi demam dan bisa menghilangkan pita suara.

buah-bit

sumber gambar : http://res.cloudinary.com/

Berikut beberapa manfaat konsumsi bit bagi kesehatan tubuh kita :

Baca Juga  Benarkah Minum Susu Saat Flu Justru Membuat Kondisi Lebih Parah ?

1. Manfaat pertama konsumsi bit adalah bisa menstabilkan tekanan darah tinggi maupun darah rendah.

2. Bagi anda yang ingin mudah lelah setelah berolahraga, maka bisa mengkonsumsi bit karena bisa meningkatkan stamina.

Baca Juga : Manfaat Konsumsi Buah Pisang Bisa Mengurangi Stres

3. Ternyata bit juga mengandung asam amino yang bermanfaat untuk mencegah sel kanker terutama pada kanker perut dan usus.

4. Untuk terhindar dari masalah pencernaan, maka anda bisa mengkonsumsi bit. Konsumsmi bit mampu meningkatkan proses pencernaan makanan dalam usus.

5. Kandungan zat besi yang tinggi pada bit membuatnya sangat bagus untuk dikonsumsi orang yang mengalami anemia atau kekurangan darah.

Baca Juga  Di Balik Rasanya Yang Pahit, Pare Menyimpan Banyak Gizi

6. Manfaat keenam konsumsi buat bit adalah bisa mencegah resiko varises, hipertensi dan aterosklerosis. Selain itu buah bit juga mampu membuang kelebihan kalsium dalam tubuh.

7. Buah bit mempunyai manfaat pembersih dalam tubuh karena mengandung kolin sehingga sangat bagus bagi kesehatan hati dan empedu.

8. Mengkonsumsi buah bit secara rutin mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga kita tidak mudah sakit.

9. Buah bit juga sangat bagus dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung vitamin B yang bisa mencegah bayi lahir cacat.

10. Buah bit juga kaya akan kandungan vitamin C, kalium, asam folat dan silica sehingga sangat bagus bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga  Kenali Tanda Tidur Yang Kurang Berkualitas

11. Kandungan zat antioksidan yang cukup tinggi membuat konsumsi buah bit bisa membuang radikal bebas dalam tubuh yang bisa memicu munculnya kanker.

12. Mengkonsumsi buah bit secara teratur juga diketahui bisa mengurangi resiko penyakit jantung, diabetes tipe-2 dan kanker.

Artikel Terkait : Biji Buah Semangka Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan Kulit dan Meningkatkan Libido

2 comments

  • Dian

    Saya didiagnosa terkena hipertensi dan diharuskan minum amlodipine 5 mg setiap pagi setelah makan mulai hari ini. 1 jam sebelum makan saya biasa minum jus bit yang dicampur apel dan wortel. Apakah ini akan mengakibatkan tekanan darah saya akan turun drastis mengingat bit juga dapat menurunkan tekanan darah? Terimakasih

    • inspirasi

      Siang Dian…pasien yang didiagnosa hipertensi atau tekanan darah tinggi memang akan disarankan untuk mengkonsumsi obat antihipertensi sebagai contoh amlodipin sehari sekali. Hal ini akan disarankan secara terus oleh dokter guna mencegah terjadinya hipertensi. Namun yang perlu diketahui bahwa amlodipin bukan bukan bersifat menyembuhkan, untuk menyembuhkan hipertensi anda harus merubah pola makan yang lebih baik termasuk konsumsi jus buah.

      Mengkonsumsi jus buah juga tak bisa sembarangan bagi penderita hipertensi, konsultasikan dengan dokter anda tentang jenis konsumsi buah yang boleh dan tak bleh dikonsumsi. Jangan lupa pula memperhatikan porsi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *