Khidmah Abu Bakar RA dengan Hartanya

53 views
banner 468x60)

Khidmah Abu Bakar RA dengan Hartanya.

Inspirasibersama.com – Siapa yang tidak mengenal
Abu Bakar RA, beliau sudah banyak membantu Rasulullah SAW dan kaum muslim lainnya maka pada artikel kali ini admin kutip dari sumber Fazilet Takvimi Semoga bisa bermanfaat dan bisa dipetik hikmahnya.

Rasulullah SAW bersabda, “Tidak ada harta seorang pun yang dapat memberiku manfaat sebagaimana harta Abu Bakar memberi manfaat kepadaku.”

Seketika itu, Abu Bakar RA menangis seraya berkata, “Ya Rasulullah, aku korbankan seluruh harta dan jiwaku untukmu.”

Rasulullah SAW bersabda, “Seandainya aku boleh menjadikan seseorang sebagai kekasih, pasti aku akan menjadikan Abu Bakar sebagai kekasihku.

Akan tetapi, kalian harus tahu bahwa pemilik kalian (yang dimaksud adalah Rasulullah SAW) adalah khalilullah (kekasih Allah SWT).”

Sayidina Umar RA berkata, “Abu Bakar adalah sayid kami, orang yang terbaik di antara kami, dan orang yang paling dicintai oleh Rasulullah SAW.”

Penentuan Tempat Pemakaman Abu Bakar RA

Ketika Abu Bakar RA wafat, para sahabat merasa ragu dalam menentukan tempat pemakamannya.

Aisyah R.Anha berkata,
“Ketika aku menangisi kematian ayahku, aku tertidur. Lalu, dalam tidurku aku mendengar sebuah suara yang berbisik, “Dzammul habibah ilal Habibi.” Artinya, pertemukanlah seorang kekasih dengan kekasihnya.

Ketika terbangun dari tidur, aku menceritakan mimpi ini kepada para sahabat.

Mereka berkata, “Kami juga mendengar suara itu.” Bahkan, mereka yang sedang shalat di masjid berkata, “Kami juga mendengarnya.”

Akhirnya, tidak perlu diadakan musyawarah lagi dan hilanglah keraguan. Kemudian, Abu Bakar RA dimakamkan di samping makam Rasulullah SAW.

Dalam riwayat lain, Jabir bin Abdullah RA menceritakan, “Ketika menjelang wafat, Abu Bakar RA memberikan wasiat kepadaku dengan berkata,

“Setelah kematianku, bawalah jasadku ke depan gerbang Raudatul Mutahharah, lalu ketuk pintunya. Jika pintu terbuka, kuburkanlah aku di sana!”

Jabir RA berkata, “Kami pun membawanya ke sana lalu mengetuk pintu dan berkata, ‘Ya Rasulullah, Abu Bakar ingin dimakamkan di sampingmu! Pintu pun terbuka dan kami mendengar suara,

‘Masuklah ke dalam dan kuburkanlah ia!’ Padahal, kami tidak melihat seorang pun di dalam sana.”

banner 468x60)
Author: 
author

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply