Kenali Tanda-tanda Harus Ganti Kacamata

19 views
banner 468x60)
ganti-kacamata

sumber gambar : Liputan6.com

InspirasiBersama.com – Tahukah kita kalau ternyata kacamata mempunyai umur yang mengharuskan kita untuk memperbaruhinya. Bagi kebanyakan orang memang terasa malas untuk mengganti kacamata karena merasa sudah nyaman. Hal ini berdampak kurang baik bagi kesehatan mata kita. perlu anda mengenali tanda-tanda kapan harus ganti kacamata.

Berikut beberapa tanda kalau kita disarankan untuk mengganti kacamata :

1. Mata nyeri
Tanda pertama anda disarankan untuk mengganti kacamata adalah saat mata mulai sering terasa nyeri. Mata manusia layaknya sebuah lensa yang terus bekerja saat kita melihat objek yang jauh maupun dekat dengan mengatur fokusnya.

Kondisi mata sering nyeri disebabkan karena kacamata yang kita gunakan sudah seharusnya diganti. Kacamata yang terlalu lama tidak diperbaruhi akan menyebabkan mata kesulitan atau bekerja dengan keras untuk menyesuaikan jarak pandang.

2. Sakit kepala
Seseorang yang lama tidak memperbaruhi kacamata, maka menyebabkan mata sering bekerja dengan keras sehingga menyebabkan otot mata menjadi lelah. Kondisi ini bisa memicu sakit kepala. Biasanya hal ini disebabkan karena kebiasaan menatap layar komputer, membaca dan melihat  papan tulis dalam waktu yang lama.

3. Mengubah tampilan komputer
Tanda selanjutnya kalau kita disarankan untuk memperbaruhi kacamata adalah saat mata kita merasa layar komputer kurang jelas. Bagi mereka yang bekerja di depan layar komputer sering kali merubah kontras layar dengan alasan kurang jelas. Hal ini menunjukkan kalau kemampuan mata kita menurun karena kacamata yang sudah waktunya diperbaruhi.

Baca Juga : 5 Langkah Mudah Mengatasi Mata Lelah Akibat Menatap Komputer

4. Sudah lama tak cek mata
Menurut dokter, disarankan untuk memeriksakan mata setidaknya setahun sekali. Namun jika anda menggunakan kacamata, bisa menggantinya selama 2 sampai 3 tahun. Kondisi ini bisa lebih cepat yaitu setiap tahun ganti kacamata.

5. Menyipitkan mata
Sering kali kita melihat suatu objek dengan cara menyipitkan mata. Kondisi ini menunjukkan kalau kemampuan mata kita menurun. Kebiasaan ini ternyata bisa memicu kepala pusing dan nyeri. Jika anda sering mengalami hal ini, maka coba periksakan kacamata anda.

Artikel Terkait : Waspada Katarak Jika Mata Masih Kabur Meskipun Sudah Pakai Kacamata

banner 468x60)

bahaya jika jarang ganti kacamata ciri kalau kacamata sudah waktunya diganti dampak buruk jika jarang mengganti kacamata efek samping jika jarang mengganti kacamata kapan harus ganti kacamata Kenali Tanda-tanda Harus Ganti Kacamata perlukah mengganti kacamata secara berkala tanda kalau sudah waktunya ganti kacamata

Author: 
author

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply