Kenali Ciri Orang Yang Kecanduan Belanja

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Sebagai orang Indonesia tentunya suka sekali dengan belanja. Terlebih lagi banyak sekali mall berdiri di sekitar tempat tinggal kita.

Terkadang keinginan berbelanja kita terbilang diluar kebutuhan. Banyak dari kita yang membeli suatu barang karena tergiur akan diskon yang diberikan. Keinginan belanja yang seperti ini menurut para pakar kesehatan bisa mengakibatkan perilaku yang adiktif.

sumber gambar : kapanlagi.com

Dalam sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa seseorang yang tergolong kacanduan dalam berbelanja memiliki kadar dopamin dan endorfin yang lebih rendah. Kedua hormon ini diproduksi dalam otak kita.

Baca Juga  Wanita Hamil Yang Sering Makan Buah Bisa Melahirkan Anak Yang Cerdas

Salah satu ciri seseorang yang adiktif dalam berbelanja adalah tidak mampu mengendalikan diri saat berada di tempat perbelanjaan. Kegiatan belanja memang menjadi hal yang menyenangkan dan mampu mengusir stres. Namun jika sampai ketagihan, tentu itu bukan hal yang baik.

Baca Juga : Menyikapi Pasangan Pria Yang Mendadak Hobi Belanja

Alasan lain seseorang yang ketagihan dengan belanja adalah karena kebiasaan tersebut sudah berlangsung sejak usia dini dan berlanjut sampai usia dewasa.

Baca Juga  Benarkah Menggigit Pencil Bisa Meredakan Sakit Kepala ?

Untuk mencegah orang yang seperti ini ketagihan dalam belanja, tentu kita harus berusaha mengubah perilaku.

Menurut para pakar caranya adalah dengan berusaha untuk mengendalikan keinginan diri untuk berbelanja dan berusaha memperbaiki fungsi otak kita.

Belanja memang menjadi sebuah kebutuhan, namun para pakar mengingatkan kepada kita agar tidak sampai menjadi seseorang yang shopaholic. Untuk mencegah hal ini sebaiknya kita lebih menggunakan logika saat berbelanja untuk menghindari kecanduan.

Baca Juga  Minuman Manis Bisa Memicu Perut Menjadi Gendut

Artikel Terkait : Inilah Gaya Belanja Bulanan Orang Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *