Jangan Suka Duduk Lama, Karena Efeknya Sama Besar dengan Merokok

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Bagi seorang pekerja kantor tentu menjadi sebuah rutinitas jika harus duduk lama depan komputer. Tahukah kita bahwa kebiasaan duduk lama memberikan efek yang buruk bagi kesehatan. Bahkan dalam sebuah hasil studi menyebutkan efek duduk lama sama besar dengan merokok.

sumber : tribunnews.com – efek duduk terlalu lama bagi kesehatan

Dalam sebuah lansiran situs ternama liputan6.com disebutkan bahwa duduk lama akan menyebabkan resiko buruk bagi kesehatan yang efeknya sama dengan merokok. Kebiasaan ini akan memicu munculnya beberapa penyakit berbahaya namun tak menular seperti gangguan jantung, obesitas dan diabetes.

Baca Juga  Manfaat Mandi Air Panas dan Dingin Pasca Melakukan Olahraga

Melihat hal ini tentu sangat mengkhawatirkan bagi mereka yang mempunyai pekerjaan yang mengharuskan duduk dalam jangka waktu yang lama. Diketahui berdasarkan sebuah data Riset Kesehatan Dasar pada tahun 2013 disebutkan ada sekitar 26 persen para pekerja yang mempunyai gaya hidup sedentary.

Mengapa duduk lama bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan ?. Saat kita berada dalam posisi duduk dan dilakukan dalam waktu yang lama, maka akan menyebabkan sebuah tekanan yang besar pada bagian perut. Hal ini akan berpengaruh pada sistem metabolisme yang melambat sehingga berdampak buruk pada sistem pencernaan.

Baca Juga  Membatasi Asupan Gula Bisa Menjadi Tips Jitu Agar Tetap Fit dan Awet Muda

Tak berhenti sampai disitu saja, dalam sebuah hasil studi terbaru menyebutkan bahwa duduk lama juga mempunyai dampak buruk bagi kesehatan otak. Hal ini akan membuat suplai oksigen dan juga darah menuju otak terhambat atau berkurang.

Bagi anda yang saat ini mempunyai pekerjaan yang mengharuskan duduk lama, maka sebaiknya tetap menjaga gerak tubuh yang cukup. Anda bisa lakukan dengan sering menggunakan anak tangga saat ke kantor, bersepeda atau jalan keluar saat istirahat di kantor untuk memberikan waktu gerak yang cukup bagi tubuh.

Baca Juga  Benarkah Ada Kaitan Antara Anak Pintar Matematika Dengan Tidur Cukup Pada Malam Hari ?

Artikel Terkait : Beberapa Kebiasaan Yang Bisa Merusak Metabolisme Tubuh

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *