Jangan Sepelekan Sering Kesemutan Pada Area Tangan !

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Kesemutan memang terkadang dialami oleh banyak orang. Kondisi ini bisa terjadi pada daerah kaki dan tangan. Ternyata sering merasa kesemutan terutama pada area tangan menjadi indikasi gangguan kesehatan yang tidak disarankan untuk di biarkan begitu saja.

sumber gambar : alodokter.com

Banyak orang yang menganggap kesemutan menjadi hal yang biasa dan tak berbahaya. Namun menurut para pakar kesehatan hal ini patut di waspadai karena bisa memicu berbagai jenis penyakit.

Berikut alasan mengapa kesemutan pada bagian tubuh tak boleh kita sepelekan begitu saja :

Baca Juga  Efek Samping Sering Mengayun Tubuh Anak Dengan Menarik Lengannya

Kesemutan yang sering terjadi pada area tangan sering disebut dengan paresthesia jari. Hal ini terjadi karena adanya aliran darah yang kurang lancar pada bagian tangan yang membuat saraf pada area tangan juga ikut terganggu.

Meri kita bahas secara lebih jauh penyebab mengapa sering kali merasakan kesemutan pada area tangan :

1. Kekurangan Vitamin B

Penyebab pertama mengapa ada orang yang sering merasa kesemutan baik di daerah kaki atau tangan adalah karena kekurangan asupan vitamin B. Kekurangan vitamin D dapat mengakibatkan terganggunya sistem saraf yang mengatur fungsi gerak anggota tubuh.

Baca Juga  Cukup Dengan Banyak Bersyukur Jantung Menjadi Lebih Sehat

2. Diabetes
Penyebab kedua sering merasa kram atau kesemutan pada area tangan bisa menjadi indikasi peningkatan kadar gula dalam darah. Bila anda merasakan sering kesemutan pada anggota gerak baik tangan maupun kaki, maka disarankan untuk juga melakukan pengecekan kadar gula dalam darah.

3. Carpai Tunnel Syndrome (CTS)
Mereka yang sering merasakan kesemutan pada area tangan bisa disebabkan karena adanya CTS atau carpal tunnel syndrome. Hal ini disebabkan karena adanya bagian saraf yang terjepit. Biasanya hal ini disebabkan karena kita melakukan aktivitas tertentu dalam waktu yang lama seperti duduk lama.

Baca Juga  Waspada Akan Tanda-tanda Demensia

Artikel Terkait : Penyebab Sering Kram Kaki Saat Tidur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *