Jagalah diri kalian dari makan minum berlebihan

51 views
banner 468x60)

Inspirasibersama.com – yang berbahagia Alhamdulillah kita selalu diberikan nikmat hidup dengan segala yang telah Allah berikan maka Marilah kita jaga sebaik baiknya Seseorang sebaiknya berhenti makan ketika ia masih ingin makan atau sebelum benar-benar kenyang. Sebagaimana halnya banyak makan itu berbahaya, melakukan diet ekstrem (dengan cara tidak makan) juga merupakan sesuatu yang memberatkan tubuh manusia. Sebab, hal itu dapat mengakibatkan tubuh menjadi kurus, lemah, dan lesu.

Seseorang yang mulai melakukan diet ekstrem ketika sehat seperti halnya orang sakit yang memakan makanan yang berbahaya bagi dirinya. Melanjutkan sesuatu yang baik yang telah menjadi kebiasaan bagi seseorang adalah suatu hal yang bagus.

Akan tetapi, jika kebiasaan tersebut adalah sesuatu yang berbahaya, ia harus meninggalkan kebiasaan itu secara perlahan-lahan dan menggantinya dengan sesuatu yang menyehatkan.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Anas RA dan Ibnu Mas’ud RA, Rasulullah SAW bersabda,

“Penyebab utama setiap penyakit adalah memenuhi perut secara berlebihan (makan terlalu banyak).”

Ketika seseorang makan, sekadar memenuhi kebutuhan tubuh dan menghindari makan berlebihan adalah sesuatu yang penting dalam menjaga kesehatan.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda,

“Bani Adam tidak pernah memenuhi sebuah wadah apa pun yang lebih membahayakan daripada perutnya sendiri.”

Hasan RA berkata,

“Allah SWT mengumpulkan ilmu kedokteran dalam setengah ayat Al-Quran dengan berfirman, ‘Makan dan minumlah kalian, tetapi janganlah berbuat mubazir (dengan berlebih-lebihan dalam makan dan minum)!’”

Dalam hal ini, Sayidina Umar bin Khattab RA juga berkata,

“Jagalah diri kalian dari makan berlebihan. Sebab, memenuhi perut dengan banyak makan akan mengakibatkan penyakit yang dapat merusak tubuh manusia dan juga mengakibatkan masalah-masalah yang menghalangi seseorang untuk melakukan kewajiban-kewajibannya sebagai seorang hamba.

Bertindak secukupnya dalam hal ini sangatlah penting karena berada di tengah-tengah adalah sifat baik yang dapat melindungi seseorang dari berbagai penyakit.”

Sumber artikel : Fazilet takvimi

banner 468x60)
Author: 
author

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply