Hikmah Zakat Bagi kita Orang Islam yang Melaksanakannya

4 views
banner 468x60)

Inspirasibersama.com – BEBERAPA HIKMAH ZAKAT: Zakat adalah salah satu rukun Islam. Dalam sebuah hadis dikatakan, “Lindungilah harta kalian dengan zakat, sembuhkanlah penyakit kalian dengan sedekah, hadapilah gelombang musibah dengan doa dan munajat.” Maksudnya, harta kekayaan seseorang dapat terlindungi berkat zakat. Sedekah-sedekah merupakan obat-obatan untuk berbagai penyakit lahir dan batin.

Hakikatnya, pada harta dan jiwa orang-orang yang bersedekah dan menunaikan zakatnya terpancar cahaya, keberkahan, kesehatan, dan afiat. Selain itu, mereka juga memperoleh ridha Allah SWT dan ganjaran maknawiyah, serta selamat dari bahaya-bahaya maknawi.

Dari segi mana pun, zakat memiliki banyak manfaat. Kecintaan yang terlalu besar terhadap harta kekayaan dalam hati seseorang dapat menyeret orang itu ke dalam keadaan-keadaan yang buruk. Adapun berkat zakat, hati akan mampu melawan perasaan yang berbahaya ini dan bersih dari sifat kikirnya nafsu, rasa kasih sayang akan muncul pada diri seseorang, serta sifat-sifat mulia seperti kedermawanan juga akan terbentuk.

Zakat menyebabkan munculnya ketenangan dan ketentraman dalam masyarakat. Seberapa besar keringanan yang didapatkan oleh orang-orang yang membutuhkan berkat zakatnya seorang yang kaya, sebesar itu pula mahabbah dan doa yang diperoleh orang kaya tersebut.

Selain itu, memberikan zakat adalah tanda dari sebuah keyakinan yang bagus. Maksudnya, ketika seseorang mengeluarkan sebagian hartanya untuk meraih ridha Allah SWT dan tidak mengharapkan balasan apa pun, ia tidak akan menginginkan sesuatu yang bukan miliknya dan tidak akan melakukan hal yang dapat merugikan orang lain.

Zakat adalah sebuah tugas bersyukur. Seorang muslim yang mengeluarkan zakatnya harus berpikir seperti ini, “Harta kekayaan yang aku peroleh ini adalah sebuah anugerah yang Allah SWT berikan kepadaku. Betapa banyak orang yang lebih kuat, lebih bertenaga, dan lebih berpengetahuan tetapi tidak memperoleh anugerah ini. Maka dari itu, aku harus mensyukuri kekayaan yang merupakan anugerah dan bentuk kasih sayang Allah SWT.” Maka, tugas bersyukur ini hanya bisa ditunaikan dengan mengeluarkan zakat.

Baca juga ; bayar zakat di yayasan Sosial Pati Jawa tengah Indonesia

Di samping itu, harus dipikirkan pula bahwa dalam harta kekayaan yang diperoleh seseorang itu juga terdapat banyak pengaruh dari lingkungan sekitarnya. Seandainya tidak hidup di lingkungan seperti itu, apakah ia akan memperoleh harta kekayaan tersebut? Maka, hal ini pun adalah sebuah nikmat. Mensyukuri nikmat ini hanya bisa dilaksanakan dengan memberikan zakat dan sedekah.

Sumber artikel ; Fazilet takvimi

banner 468x60)

Hikmah zakat

Author: 
author

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply