Hati-Hatilah dengan yang Namanya Dayyuts

29 views
banner 468x60)

inspirasibersama.com – Pada artikel kali ini admin share tentang dayyuts. Suatu kata yang mungkin terdengar asing. Namun, memiliki makna penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Mengapa kita harus mengetahui makna dan arti dayyuts? Dan mengapa harus kita jauhi? Jawabannya adalah karena tidak akan masuk surga orang yang Dayyuts.

Barang siapa mengetahui ada keburukan pada keluarganya, istrinya atau anaknya, tetapi dia membiarkannya dengan alasan cinta atau lainnya, maka itu adalah dayuts. Dayyuts termasuk orang yang tidak akan dilihat oleh Allah SWT pada hari kiamat.

Dalam hadits disebutkan bahwa dari Salim bin Abdullah bin Umar, berkata: Abdullah bin Umar r.a bercerita kepadaku bahwa Rasulullah Saw bersabda,

“Tiga orang yang Allah haramkan surga untuk mereka :

1. Pecandu khamr ( minuman keras)

2. Anak yang durhaka

3. Dan Dayyuts (orang yang membenarkan keburukan di keluarganya).”

(HR. Ahmad)

Imam Adz-Dzahabi berkata, “Dayyuts adalah orang yang membenarkan keburukan pada keluarganya, yaitu tetap menganggap baik pada keluarganya (padahal ada kemungkaran yang nyata), kita berlindung kepada Allah dari hal itu”.

(Al kaba-ir, hlmn.137)

Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baaz rahimahullah berkata,

“Dayyuts adalah orang yang ridho adanya perbuatan keji pada keluarganya (istrinya), yaitu mendiamkannya terhadap perbuatan zina, tidak melarangnya, tidak marah karena Allah Azza wa Jalla, karena rasa cemburunya sedikit dan imannya lemah. Adapun orang yang telah berusaha mengingkarinya dan menghalanginya dari perbuatan keji, maka orang ini tidak disebut Dayyuts.”

Suatu contoh kasus Dayyuts agar mudah dipahami begini ;

Suatu misal ada wanita atau istri bepergian keluar rumah menuju suatu tempat dengan mengenakan pakaian tak menutup aurot sesuai tuntunan syariat, jika hal itu mereka lakukan di hadapan laki-laki yang bukan berstatus mahram baginya, maka itu haram hukumnya.nah… jikalau ada laki-laki yang meridhoi istrinya atau anak perempuannya melakukan hal itu, maka dia adalah Dayyuts.

Jadi sudah Merupakan kewajiban para bapak, suami, dan wali secara umum, melarang anak-anak perempuan, istri-istri dan saudara-saudara wanita dari perbuatan tabarruj (menampakkan perhiasan dan tubuhnya di hadapan umum). Siapa saja membenarkan tabarruj para wanita tersebut, maka dia adalah Dayyuts.

Ada Sebuah Nasehat Urwah bin Zubair kepada anak -anaknya yang bisa kita ambil hikmahnya berikut ini :

  1. “Wahai anak-anaku, belajarlah ilmu agama yang benar dan luangkanlah untuk hal itu, jikalau seandainya hari ini kalian menjadi orang kecil maka satu waktu pasti Allah jadikan engkau orang besar karena ilmu itu. Dan sungguh buruk sekali, apakah ada yang lebih buruk dari orang tua bodoh, tidak mengerti agamanya.
  2. Hati-hatilah! Jangan pernah kalian melihat amal yang kalian kerjakan, atas sedekah yang kalian keluarkan adalah sedekah yang kalian anggap remeh, tetapi jadikanlah sedekah itu sebagai hadiah yang kalian berikan hadiah kepada Allah SWT, dan janganlah kalian memberikan hadiah sesuatu untuk Allah yang dia malu untuk memberikan kepada terhormatnya kaum atau pejabat suatu kaum.
  3. Karena Allah itu adalah zat yang paling pantas untuk dimuliakan dan dia adalah zat yang paling layak dan paling pantas untuk memberikan balasan yang mulia dan yang paling pantas kalian berikan hadiah yang terbaik.
  4. Wahai anak-anaku, jikalau kalian melihat seseorang ada perbuatan baik darinya, maka bersangka baiklah padanya, walaupun di mata manusia lainnya dianggap buruk. Karena perbuatan baiknya itu pasti punya saudara-saudara kebaikan yang lain.
  5. Dan jikalau kalian melihat perbuatan buruk dari seseorang, hati-hati lah dari orang itu, walaupun di mata manusia lainnya dia adalah orang yang baik. Karena perbuatan buruk itu punya saudara-saudara yang ikut dengannya.
  6. Ketahuilah, bahwasannya setiap kebaikan akan mendatangkan saudara-saudaranya dan setiap dosa juga memiliki saudara-saudaranya”.

Sumber ; An Nashr edisi 15 I am muslim and I am proud (Maahid kudus)

Editor: Yudi Hartoyo

Baca juga : inilah tanda tanda orang yang bertaqwa semoga kita termasuk didalamnya

banner 468x60)

Arti Dayuts Bahaya Dayuts

Author: 
author

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply