Hal-Hal yang disunnahkan pada Hari Raya Qurban

Hal-Hal yang disunnahkan pada Hari Raya Qurban

Alhamdulillahirabbil aalamiin segala puji dan bersyukur kita ke hadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan kasih sayang dan nikmat hidup yang selalu dilimpahkan kepada kita. Dan tak lupa shalawat serta salam selalu terlimpahkan kepada nabi besar kita nabi Muhammad Sallallahu Alaihi wa Sallam.

Allah Subhanahu wa Ta’alaa telah menetapkan hari raya terbaik kepada umat-Nya yaitu islam diantaranya dengan merayakan hari raya idul fitri dan idul adha. Idul fitri dilaksanakan pada tanggal 1 syawal dimana setelah umat muslim melaksanakan ibadah puasa 1 bulan penuh di bulan ramadhan. Sedangkan idul adha dilaksanakan pada tanggal 10 dzulhijjah dengan ditunaikannya pemotongan hewan Qurban setelah waktu dhuha.

Betapa beruntungnya kita apabila bisa melaksanakan Qurban. Karena didalamnya, terdapat banyak sekali keutamaan dan kemuliaan yang Allah berikan kepada siapapun yang ikhlas berkurban karena Allah Ta’alaa.

Namun, sahabat sekalian yang dirahmati Allah Subhanahu wa Ta’ala, ada hal-hal yang perlu diperhatikan di hari tersebut supaya amalan kita diridhoi Allah sehingga kita berharap amal kita dapat diterima oleh Allah.

Hal -Hal yang disunnahkan pada Hari Raya Qurban

  • Bangun lebih awal pada waktu subuh
  • Menggunakan siwak
  • Mandi wajib (gusul)
  • Memakai wewangian
  • Memakai pakaian bersih dan suci.
  • Pada hari Raya Iduladha, mulai dari waktu imsak sampai setelah shalat Id disunahkan agar tidak makan dan minum apa pun layaknya orang yang berpuasa.
  • Diusahakan makanan yang pertama kali dimakan pada hari itu adalah daging kurban. Rasulullah SAW memiliki kebiasaan memakan hati hewan kurban.
  • Jika memungkinkan, pergi ke tempat shalat Id dengan berjalan kaki.
  • Setelah melaksanakan shalat Id, pulang melalui jalan yang berbeda.
  • Merasa senang dan gembira
  • Memperbanyak bersedekah
  • Saling bersalaman dan mendoakan kerabat, tetangga, dan orang muslim lainnya dengan mengatakan ;“Taqabbalallahu minna wa minkum (semoga Allah SWT menerima amal kami dan kalian)”
  • Memperbanyak takbir dengan suara nyaring di jalan menuju masjid atau tanah lapang.

Apa yang Harus dilakukan setelah Memotong hewan Qurban ?

Setelah memotong hewan kurban, dianjurkan untuk melaksanakan shalat Syukur dua rakaat dengan membaca surat Al-Fatihah dan Al-Kautsar pada rakaat pertama serta surat Al-Fatihah dan Al-Ikhlas pada rakaat kedua.

Rasulullah SAW bersabda, “Setelah memotong hewan kurban, lepaskan pisau yang ada di tangan kalian. Kemudian, laksanakanlah shalat dua rakaat.

Barang siapa yang melaksanakan shalat Syukur dua rakaat ini, lalu menginginkan sesuatu dari Allah SWT, pasti Dia akan mengabulkan keinginannya tersebut.”

Setelah shalat tersebut, dilanjutkan berdoa meminta hajat untuk dunia dan agama dengan berdoa,;

“Ya Rabbi, domba (sapi atau kambing) ini datang dari-Mu, kembali kepada-Mu, dan untuk ridha-Mu. Maka, kabulkanlah (kurban kami) dengan rahmat dan kasih sayang-Mu sebagaimana Engkau telah mengabulkan (kurban) yang dipersembahkan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS, serta kekasih-Mu, Nabi Muhammad SAW, ya akramal akramin…”

Demikianlah yang telah dicontohkan Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi wa Sallam yang diutus untuk menjadi rahmatan lil alamin.

Semoga ibadah Qurban kita tahun ini diterima oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala, ditambahkan iman kita, diluaskan rezeki kita sehingga harapannya kita dipertemukan kembali oleh Allah dengan ibadah Qurban selanjutnya. Aamiin alhamdulillahirabbil aalamiin..

Sumber artikel ;/ FAZİLET TAKVİMİ 27 Juli 2020, Senin

Editor : yudi Hartoyo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *