Empat Keadaan Manusia di Dunia Tentang Harta dan ilmu

33 views
banner 468x60)

Inspirasibersama.com – kehidupan di Dunia Tidak terlepas dengan yang namanya Harta dan ilmu maka benar Sabda Rosululloh SAW, “Adapun suatu hal yang akan aku jelaskan kepada kalian dan yang harus kalian perhatikan dengan sebaik-baiknya adalah sesungguhnya dunia ini hanya untuk empat orang.” Maksudnya, keadaan penduduk dunia seperti keadaan empat orang berikut.

Orang yang pertama adalah orang yang Allah SWT berikan harta dan ilmu (syariat yang bermanfaat untuk agamanya) kepadanya.

Dengan harta yang dimiliki, ia bertakwa kepada Allah SWT (dengan cara menggunakannya untuk kebaikan dan menghindari hal-hal yang berbau maksiat), dan membantu kerabat-kerabat dekatnya.

Kemudian, dengan ilmu yang dimilikinya, ia memperhatikan hak-hak Allah SWT (dengan cara mengamalkan ilmunya dan mengajarkannya untuk ridha Allah SWT kepada orang-orang yang ingin belajar).

Maka dari itu, hamba tersebut akan mendapatkan kedudukan yang paling tinggi di sisi Allah SWT berkat amal yang dilakukannya.

Orang yang kedua adalah orang yang Allah SWT berikan ilmu kepadanya tetapi tidak memberikannya harta kekayaan.

Hamba ini dengan niat yang ikhlas dan tulus berkata, “Seandainya saja aku juga memiliki harta, tentu aku pun akan beramal seperti orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah SWT karena mengharap ridha-Nya semata.” Orang ini akan mendapatkan pahala sesuai dengan niatnya dan pahalanya sama seperti orang yang berinfak dengan hartanya.

(Di samping itu, ia memiliki kedudukan yang lebih tinggi dari yang lainnya dengan pahala dari ilmu yang ia amalkan dan ia ajarkan kepada orang lain.)

Orang yang ketiga adalah orang yang dikaruniai harta kekayaan tetapi tidak diberikan ilmu agama oleh Allah SWT. Karena tidak berilmu, orang ini menghabiskan hartanya sekehendaknya dan tidak takut kepada Allah SWT akan harta yang diberikan kepadanya (dengan tidak mengeluarkan zakatnya).

Ia pun tidak membantu kerabat-kerabat dekatnya dan tidak memperhatikan hak-hak orang lain. Orang ini adalah orang yang sangat hina dan rendah kedudukannya di sisi Allah SWT.

Adapun orang yang keempat adalah orang yang Allah SWT tidak berikan ilmu agama dan harta kepadanya.

Orang ini pun berkata, “Seandainya saja aku memiliki harta, tentu aku akan mempergunakan hartaku seperti orang-orang yang menghabiskan hartanya sekehendaknya untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.” Orang ini pun akan mendapatkan perlakuan sesuai dengan niatnya, dosanya sama seperti orang yang menghabiskan hartanya untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.” (MiMafatih)

Sumber artikel : Fazilet takvimi

banner 468x60)
Author: 
author

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply