Daftar 10 Makanan Yang Bisa Membantu Menurunkan Kolesterol

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Berbicara tentang kolesterol jahat, semua orang pastinya merasa takut. Sering kali kita mendengar bahkan kolesterol jahat bisa menyebabkan seseorang mengalami kematian akibat beberapa penyakit seperti serangan jantung dan stroke. Oleh karena itu sangatlah penting untuk mengetahui deretan makanan yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

sumber : khasiat.co.id – makanan alami menurunkan kolesterol jahat

Yuk langsung saja simak ada 10 daftar makanan sehat yang bisa bermanfaat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, diantaranya :

1. Oatmeal
Makanan yang pertama bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh adalah oatmeal. Dengan sering mengkonsumsi oatmeal, maka akan menurunkan resiko terkena penyakit kardiovaskuler.

2. Kacang kedelai
Bagi anda yang mempunyai kadar kolesterol jahat yang tinggi sangat disarankan untuk mengkonsumsi kacang kedelai. Ternyata makanan yang satu ini kaya akan kandungan asam lemak tak jenuh ganda. Bukan hanya itu saja, kacang kedelai juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Baca Juga  Benarkah Seorang Pria Lebih Mudah Tertular Flu Dibandingkan Dengan Wanita ?

3. Teh Hijau
Minuman yang satu ini memang dikenal kaya akan manfaat kesehatan. Salah satu manfaat mengkonsumsi teh hijau bagi kesehatan adalah bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh serta mencegah munculnya plak dalam pembuluh darah.

4. Jus jeruk
Deretan ke-4 makanan yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh adalah jus jeruk. Kandungan vitamin C, flavonoid serta folat dalam jeruk mampu memperbaiki kondisi lipid pada darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

5. Alpukat
Buah yang mempunyai rasa nikmat ini ternyata juga sangat baik membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Alpukat menjadi salah satu buah yang kaya akan kandungan lemak tak jenuh, vitamin K, B kompleks serta beberapa mineral yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga  Penyebab Timbulnya Penyakit Kronik Pada Seseorang Sebagian Besar Karena Pola Makan Yang Buruk

6. Salmon
Ikan salmon kaya akan kandungan lemak omega-3 yang banyak dikenal dengan sebutan EPA dan DHA yang bermanfaat untuk menurunkan kadar trigliserida dalam darah serta mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Untuk menjaga kesehatan jantung, anda bisa mengkonsumsi ikan salmon dua porsi dalam setiap minggu.

7. Kacang almond
Deretan makanan sehat yang ke-7 yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh adalah kacang almond. Dalam sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi kacang almond secara rutin setiap hari terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh 3 sampai 19 persen.

8. Bawang Putih
Bumbu dapur yang satu ini juga diekanal akan manfaatnya bagi kesehatan. Salah satunya adalah mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, menyehatkan jantung, menurunkan hipertensi dan mencegah terjadinya pembekuan darah.

Baca Juga  Tips Mencegah Anak Agar Tidak Ketagihan Junk Food

9. Minyak zaitun

Di urutan ke-9 ada minyak zaitun yang kaya akan kandungan lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, mencegah terjadinya stroke dan juga menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

10. Cokelat hitam

Deretan ke-10 makanan sehat yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh adalah cokelat hitam. Bukan hanya menurunkan kolesterol jahat saja, cokelat hitam juga bermanfaat menaikkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh.

Sumber : liputan6.com

Artikel Terkait : Mengapa Tubuh Manusia Membutuhkan Asupan Lemak ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *