Buruknya Suatu kebohongan Maka hindarilah

35 views
banner 468x60)

Inspirasibersama.com – Sahabat inspirasi yang berbahagia semoga kita dijauhkan dari pada sifat bohong ya dan mari kita untuk selalu dalam kejujuran, Adalah Aisyah R.Anha berkata, “Menurut para sahabat, tidak ada akhlak yang lebih buruk selain kebohongan.” Sebab, kebohongan adalah kebalikan dari iman.

Sumber Gambar https://cakradunia.co/

Ketika bersandar kepada suatu tempat, Rasulullah SAW bersabda,
“Maukah kalian aku beritahukan dosa yang paling besar? Yaitu, syirik kepada Allah SWT dan durhaka kepada ayah dan ibu.”

Kemudian, beliau menegakkan badannya dari tempat bersandarnya dan bersabda, “Perhatikanlah dengan baik, begitu juga perkataan bohong.”

Duduk tegaknya beliau dari tempat bersandarnya adalah untuk menekankan bahwa perkataan bohong adalah sebuah dosa besar.

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya para malaikat menjauh hingga satu mil dari orang yang berkata bohong karena bau busuk yang keluar mulutnya.” Pada hadis yang lain, Rasulullah SAW bersabda, “Kebohongan dapat mempersempit rezeki.”

Rasulullah SAW telah melarang umatnya dari berbohong karena perkataan bohong adalah fitnah terhadap Allah SWT. Oleh karena itu, kebohongan adalah kebalikan dari iman.

Orang-orang yang derajatnya lebih Tinggi dari pada Syuhada.

Abu Dzar RA menjelaskan, “Abu Bakar Ash-Shiddiq RA bertanya kepada Rasulullah SAW, ‘Apakah ada jihad melawan orang-orang musyrik selain dengan senjata?’ Rasulullah SAW bersabda, ‘Iya, ada, wahai Abu Bakar. Sesungguhnya terdapat mujahid-mujahid Allah SWT di muka bumi ini dan mereka pun lebih tinggi derajatnya dari para syuhada. Mereka hidup, berkeliling di muka bumi, dan diberikan rezeki.

Allah SWT membanggakan mereka di hadapan para malaikat-Nya yang berada di langit, dan surga pun dihias untuk mereka.’

Abu Bakar RA bertanya, ‘Siapakah mereka, wahai Rasulullah SAW?’ Rasulullah SAW bersabda, “Mereka adalah orang-orang yang melakukan amar makruf dan nahi mungkar, mencintai karena Allah SWT, dan membenci karena Allah SWT. Aku bersumpah demi Allah SWT yang diriku dalam kekuasaan-Nya, istana mereka di surga akan lebih tinggi daripada istana para syuhada’.” (Ihya Ulumuddin)

BAIT

Kalimat-kalimat akan benar jika kau benar

Kelurusan tidak akan ada jika kau bengkok

Sumber artikel ; Fazilet takvimi

banner 468x60)
Author: 
author

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply