Bukan Hanya Stres yang Bisa Menyebabkan Siklus Haid Tak Teratur, Tetapi Kurang Tidur Juga Bisa

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Sebagai seorang wanita, saat mengalami siklus haid yang tak teratur tentu akan merasa khawatir. Ketidakteraturan siklus haid pada wanita juga kerap menyebabkan kondisi tubuh merasa gak karuan. Ternyata siklus haid yang tak teratur bukan hanya disebabkan karena stres saja, tetapi kurang tidur juga bisa.

sumber gambar : Tribunnews.com

Selama ini kebanyakan wanita hanya mengetahui kalau pemicu menstruasi yang tak teratur disebabkan karena stres saja. Pada saat tubuh kita stres, maka akan secara alami merubah komposisi homon yang ternyata bisa mempengaruhi sklus haid. Pada kondisi ini akan menyebabkan menstruasi bisa datang lebih awal atau lambat.

Baca Juga  Inilah Alasan Mengapa Orang Suka Curhat di Media Sosial

Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa wanita yang mengalami siklus tidur yang tak teratur kerap mengalami yang namanya ketidakteraturan menstruasi. Hal ini disebabkan mereka cenderung kurang tidur sehingga bisa mempengaruhi hormon yang ada di dalam tubuh. Perubahan hormon ini ternyata akan mempengaruhi ovulasi dan juga menstruasi.

Saat seseorang mengalami kurang tidur, maka hormon yang akan berpengaruh adalah melatonin yang menurun. Hormon ini ternyata mempunyai peranan yang sangat penting dalam mengatur siklus haid seorang wanita, menjaga kesehatan sel, menurunkan kadar kolesterol, menjaga metabolisme tubuh tetap normal dan membuat aliran darah menjadi lebih lancar.

Baca Juga  Apakah Boleh Berenang Saat Hamil ?

Bagi para wanita yang mengharuskan bekerja dengan shift malam, maka sangat rentan sekali mengalami gangguan ini. Untuk mengakalinya, maka sebaiknya saat tidur siang anda harus membuat suasana kamar menjadi gelap layaknya malam hari sehingga memberikan kesan pada tubuh kondisi malam hari.

Meskipun demikian, siklus haid yang tak teratur juga bisa disebabkan karena beberapa faktor yang lain seperti konsumsi obat jenis tertentu, penyakit, kurang aktivitas olahraga dan pola makan yang buruk. Bila anda merasa ada yang aneh dengan siklus haid, maka sangat disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter.

Baca Juga  Cara Mengenali Seseorang Yang Kecanduan Gadget

Artikel Terkait : Dampak Buruk Kerja Shift Malam Bagi Wanita

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *