Batasan Mengkonsumsi MSG Menurut Kesehatan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Batasan mengkonsumsi MSG (Monosodium Glutamat) menurut kesehatan. Menggunakan MSG dalam memasak makanan memang memberikan rasa nikmat tersendiri yang bisa memanjakan lidah kita. Meskipun demikian sebaiknya kita bijak menggunakannya karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan jika berlebihan.

sumber gambar : vemale.com

Bukan sebuah rahasia lagi kalau MSG mempunyai dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Bahkan dalam sebuah hasil penelitian yang dilakukan oleh salah seorang psikiater dari Washington University yang bernama John Onley menyebut bahwa konsumsi MSG akan bisa membuat seseorang menjadi bodoh dan mudah terserang penyakit. Meskipun demikian hampir kebanyakan orang tetap saja menggunakan MSG.

Baca Juga  Benda Yang Harus Anda Hindari Pada Malam Hari Jika Ingin Badan Kurus

Hal ini dbuktikan dalam sebuah penelitian yang memberikan MSG kepada tikus. Dengan cara memberikan MSG sebanyak 4 gr per kilogram berat badan tikus setiap hari, maka bisa membuat kerusakan pada otak tikus. Hal ini disebabkan karena kandungan glutamat yang tinggi pada MSG. Namun dosis ini terbilang sangat tinggi.

Disisi lain, para pakar kesehatan juga ada yang mengatakan bahwa konsumsi MSG dalam batas yang normal masih bisa ditoleransi oleh tubuh manusia. Namun banyak kalangan yang bingung seberapa batasan normal tersebut ?. Menurut para pakar kesehatan batasan normal atau aman mengkonsumsi MSG setiap hari sangat tergantung dari kalori yang kita konsumsi. Misalnya saja kita membuat sebuah masakan nasi goreng 100 gram, maka jika anda hendak menambahkan MSG maksimal yang dibolehkan adalah 0,4 persen saja.

Baca Juga  Tips Mencegah Gangguan Pendengaran Saat Menyelam

Artikel Terkait : Kebiasaan Yang Bisa Memicu Peningkatan Kadar Kolesterol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *