Bahaya Terlalu Banyak Makan Daging Merah Bisa Memicu Infertilitas Pada Pria

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Berbicara tentang daging merah, maka anggapan kebanyakan orang baik untuk kesehatan atau pembentukan otot. Hal ini memang benar adanya. Oleh karena itu bagi pria yang sedang dalam program pembentukan otot lebih banyak mengkonsumsi daging merah dibandingkan menu yang lain. Tetapi ternyata efek dari terlalu banyak konsumsi daging merah bagi pria bisa memicu infertilitas.

sumber : Wanista.com – bahaya sering mengkonsumsi daging merah

Mungkin anda salah satu pria yang heran mendengar informasi ini. Ternyata hal ini sudah dibuktikan dalam sebuah hasil penelitian yang menyebutkan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi daging merah bisa memicu infertilitas atau kemandulan seorang pria.

Baca Juga  Sering Konsumsi Makanan Yang Mengandung Pemanis Buatan Bisa Meningkatkan Nafsu Makan

Penelitian tentang kebenaran hal ini dilakukan oleh para ahli yang berasal dari Harvard Medical School dan Masschusetts General Hospital. Dalam penelitian tersebut para ahli melibatkan pria sebanyak 141 yang sedang dalam menjalani program bayi tabung. Hasilnya ternyata bahwa pria yang tergolong terlalu banyak mengkonsumsi daging merah akan mengalami penurunan tingkat kesuburan hingga 65%.

Mungkin anda akan bertanya – tanya mengapa hal ini bisa terjadi ? Ternyata penyebabnya adalah karena dalam daging merah juga terdapat kandungan lemak jenuh dan juga kolesterol yang jumlahnya terbilang cukup besar. Kandungan inilah yang akan mempengaruhi sperma pria mulai dari ukuran, bentuk, jumlah dan juga kecepatan dalam proses pembuahan sel telur.

Baca Juga  Jika Mengalami Gangguan Pada Gusi Seperti Ini Sangat Disarankan Untuk Periksa ke Dokter

Penurunan kesuburan seorang pria juga bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor lain seperti usia dan gaya hidup. Seorang pria yang sudah berusia lebih dari 30 tahun rentan mengalami penurunan jumlah hormon testosteron yang akan berdampak pada kualitas sperma itu sendiri. Selain itu gaya hidup yang tak sehat seperti suka mengkonsumsi alkohol akan berpengaruh adalah kadar dan kualitas sperma.

Selain itu terjadinya penyakit menular seksual juga bisa mempengaruhi seorang pria mengalami infertilitas. Kondisi ini akan berpengaruh pada kemampuan testis dalam memproduksi sperma sehingga kualitasnya menjadi menurun.

Baca Juga  Banyak Sumber Radiasi disekitar Kita Yang Mempunyai Efek Pada Kesehatan

Meskipun demikian bukan berarti seorang pria tak boleh sama sekali mengkonsumsi daging merah. Mengkonsumsi daging merah dalam jumlah yang tepat tak akan memicu infertilitas pada pria. Oleh karena itu jangan terlalu banyak mengkonsumsi daging merah yang juga terbukti bisa memicu penumpukan lemak dan juga kolesterol dalam tubuh kita.

Artikel Terkait : Beberapa Kebiasaan Yang Memicu Rusaknya Sperma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *