Bagaimana Cara Mengenali Gejala Kanker Payudara Secara Dini ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Bagaimana cara mengenali gejala kanker payudara secara dini. Sebagai seorang wanita tentu tak asing dengan penyakit yang satu ini. Kanker payudara adalah penyakit yang sangat mematikan bagi seorang wanita setelah kanker serviks. Dulu penyakit kanker payudara lebih banyak menyerang mereka yang berusia lebih dari 40 tahun, namun sekarang ini banyak kalangan wanita muda yang sudah terjangkit kanker payudara.

sumber gambar : http://zonaekstrim.blogspot.co.id

Ada banyak faktor yang menyebabkan seorang wanita mengalami kanker payudara, diantaranya gaya hidup, pola makan, lingkungan serta genetik. Ternyata bukan hanya seorang wanita saja yang rentan terkena kanker payudara, kini kanker payudara juga bisa menyerang pria berdasarkan lansiran prevention.com.

Baca Juga  Inilah Alasan Menstruasi Bisa Mempengaruhi Gairah Seks Wanita

Yang menjadi perhatian kita semua adalah mengetahui bagaimana cara mencegah kanker payudara serta mampu mengenali adanya gejala awal munculnya kanker payudara.

 

Berikut beberapa cara mengenali gejala awal kanker payudara :

Benjolan di Payudara
Gejala awal munculnya kanker payudara biasanya diawali dengan ditemukannya benjolan yang terdapat di payudara. Benjolan ini cenderung tak menimbulkan rasa nyeri. Namun kondisi benjolan bisa disebabkan karena adanya sel kanker atau tumor yang akan terus tumbuh. Pada saat anda masuk masa pre-menstruasi, maka benjolan ini biasanya akan mengeras dan terasa lebih sakit.

Warna Kulit Payudara Berubah
Gejala awal selanjutnya adanya kanker payudara adalah dengan berubahnya warna kulit pada payudara anda. Selain munculnya benjolan atau tumor pada payudara, kanker payudara juga akan menyebabkan perubahan warna kulit pada payudara anda, misalnya berubah memerah seperti ada infeksi, kulit bersisik atau keriput seperti kulit jeruk.

Baca Juga  Ternyata Tidur Juga Bisa Bermanfaat Untuk Membakar Kalori

Puting Sakit & Keluar Cairan
Bila anda salah satu wanita yang merasakan bagian puting terasa nyeri dan terkadang sering mengeluarkan cairan tertentu walau anda tidak sedang menyusui, maka anda harus curiga itu adalah gejala kanker payudara. Selain munculnya rasa nyeri, gejala kanker payudara juga bisa dikenali dengan putih susu yang berubah secara ukuran menjadi lebih besar.

Baca Juga  Apakah Miss V Yang Berbau Termasuk Normal ?

Muncul Benjolan di Ketiak
Cara mengenali gejala awal kanker payudara adalah munculnya benjolan pada ketiak. Ini merupakan benjolan selain pada payudara yang mengindikasikan kanker kemungkinan akan bisa menyebar ke bagian tubuh yang lain.
Artikel Terkait : Tips Mencegah Kanker Serviks dan Payudara Bagi Wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *