Arti Nama Bulan Ramadhan

4 views
banner 468x60)

Inspirasibersama.com – Nama bulan Ramadhan , Bulan Ramadhan akan Hadir tentu ini membawa kesan tersendiri bagi kita umat Islam sebagai mana dirindukan kehadirannya Berikut ini adalah sebagian makna kata Ramadan.

 

1.Ramadan berarti hujan yang turun pada akhir musim panas dan awal musim gugur yang membersihkan muka bumi dari debu. Sebagaimana hujan ini membersihkan muka bumi, bulan Ramadan pun dinamakan dengan nama ini karena membersihkan ahli iman dari dosa-dosa dan membersihkan hati mereka.

2.Ramadan berarti terbakar karena berjalan tanpa alas kaki di tempat yang sangat panas. Dengan menambahkan kata ‘syahr’ pada awal kata Ramadan, kata “Syahrur Ramadan” dijadikan sebagai nama untuk bulan mulia ini. Sebab, seseorang merasakan penderitaan akibat panasnya dahaga dan lapar di bulan ini. Selain itu, dosa-dosa seseorang pun terbakar dengan panasnya puasa di bulan ini.

3.Jika nama Ramadan dianggap salah satu dari Asmaul Husnaa, bulan Ramadan diberikan nama ini dan di sini secara khusus dipahami makna terbakarnya dosa-dosa dengan rahmat Ilahi. Dengan makna ini, bulan puasa adalah bulan Allah SWT.

Kesimpulannya, pemberian kata Ramadan sebagai nama bulan mulia ini, selain disebabkan oleh arti kata Ramadan yang menurut bahasa berarti pembersihan, terbakar, dan ketajaman, juga disebabkan oleh artinya dari sudut pandang agama pun dalam pemberian nama ini memberikan makna-makna terbakarnya dosa-dosa, dan makna-makna yang bersandar kepada Allah SWT.

Bulan Ramadan dijelaskan dalam sebuah hadis sebagai bulan yang awalnya adalah rahmat, pertengahannya adalah magfirah, dan akhirnya adalah pembebasan dari api neraka. Di samping itu, bulan ini juga merupakan permulaan diturunkannya Al-Quranul Karim, yakni pada malam yang paling mulia dalam bulan tersebut.

SHALAT PADA MALAM KE-27 BULAN SYA’BAN

Pada malam ke-27 bulan Sya’ban, kita dianjurkan untuk mengerjakan shalat Syukur sebanyak 2 rakaat di antara waktu magrib dan isya. Setelah membaca surat Al-Fatihah, diperbolehkan membaca surat yang dikehendaki. Niat shalatnya adalah sebagai berikut. “Ya Rabbi, Engkau telah mendekatkan hamba kepada akhir bulannya Rasulullah SAW (bulan Sya’ban) ini. Jadikanlah bulan yang mulia ini sebagai syafaat dan syahid (saksi) bagiku.” Kemudian, langsung dilanjutkan dengan takbiratul ihram.

Setelah selesai shalat, kita membaca 70 kali istigfar (Astaghfirullāhal ‘azhiim wa atūbu ilaik), 100 kali shalawat (Allāhumma shalli ‘alā rūhi muhammadin fil arwāh wa shalli ‘alā jasadi muhammadin fil ajsād, wa shalli ‘alā qabri muhammadin fil qubūr.” Kemudian, kita memulai berdoa dengan kalimat, “Ya Rabbi, hamba memohon ke hadirat-Mu…” (Kumpulan Doa dan Ibadah, Penerbit Fazilet)

Sumber artikel; Fazilet takvimi

banner 468x60)

Arti nama Ramadhan

Author: 
author

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply