Apakah Ibu Hamil Tidak Boleh Sama Sekali Minum Kopi ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Seorang ibu hamil memang seharusnya untuk tidak sembarangan dalam mengkonsumsi makanan. Hal ini disebabkan karena ada beberapa jenis makanan tertentu yang ternyata bisa berdampak kurang baik bagi janin. Ternyata kopi adalah salah satu jenis minuman yang tak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, mengapa demikian ?

sumber :hellosehat.com – ibu hamil minum kopi

Banyak orang yang beranggapan bahwa kopi kan jenis minuman yang juga kaya manfaat bagi tubuh manusia, mengapa tidak disarankan bagi ibu hamil ?. Ternyata tahukah kita bahwa kopi adalah bukan jenis minuman yang ‘netral’ dan memiliki cukup banyak efek bagi tubuh manusia. Meskipun sudah banyak studi yang menyebutkan bahwa rutin minum kopi bisa menurunkan resiko beberapa jenis penyakit berbahaya seperti diabetes dan stroke.

Baca Juga  Inilah Cara Belajar Anak Yang Mempunyai Gaya Kinestetik

Semua orang pastinya sudah tahu kalau kopi kaya akan kandungan kafein. Ternyata bukan hanya itu saja, kopi juga mengandung inhibitor yang artinya bahwa bisa menyebabkan gangguan dalam penyerapan zat lain dalam tubuh termasuk zat besi. Jika seorang ibu hamil minum kopi, maka efek kafein akan memicu peningkatan tekanan darah, meningkatkan denyut jantung ibu dan juga mengganggu penyerapan zat besi. Padahal kita tahu bahwa seorang ibu hamil sangat membutuhkan asupan zat besi.

Baca Juga  Efek Dari Kurang Tidur Bisa Membuat Jantung Tidak Sehat

Kopi memang bukan jenis minuman yang sangat terlarang bagi seorang ibu hamil. Bahkan dalam sebuah data yang berasal dari The National Institute of Health dari USA menyebutkan bahwa batas maksimal seorang ibu hamil mengkonsumsi kopi adalah dua cangkir dalam sehari dengan ukuran kopi sebanyak 1 sendok makan pada setiap cangkirnya. Meskipun demikian para pakar kesehatan lebih menyarankan kepada para ibu hamil untuk tidak mengkonsumsi kopi untuk mengurangi resiko buruk yang mungkin terjadi. Selain itu minuman kopi juga tidak memiliki kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh seorang ibu hamil.

Jadi bila anda sebelum hamil sangat suka dengan kopi dan sulit meninggalkan minuman yang satu ini, maka saat hamil sebaiknya sebisa mungkin untuk tidak mengkonsumsinya. Ingat kondisi ibu dan janin lebih penting dibandingkan hanya menuruti kemauan untuk minum kopi yang bisa meningkatkan resiko buruk bagi kehamilan ibu. Semoga bermanfaat.

Baca Juga  Berdasarkan Sebuah Hasil Studi Menyebutkan Bahwa Makan Pedas Bisa Membantu Menghentikan Kebiasaan Ngemil

Artikel Terkait : Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *