Apa Sebabnya Darah Menstruasi Mempunyai Bau yang Amis ?

InspirasiBersama.com – Bagi seorang wanita mengalami menstruasi dalam setiap bulan bukan hal yang asing lagi. Meskipun demikian banyak wanita yang mengeluhkan kalau darah menstruasi yang keluar mempunyai aroma yang amis dan menyengat. Secara normal sebenarnya darah menstruasi tak mempunyai aroma yang menyengat.

sumber : http://produkwish.com – penyebab bau darah haid tak sedap

Lantas apa yang menyebabkan darah menstuasi bisa berbau amis dan menyengat ? Tahukah kita bahwa berdasarkan penjelasan Taraneh Shirazian yang merupakan salah satu dokter obstetri dan ginekologi yang berasal dari NYU Langone Amerika Serikat mengatakan bahwa darah yang dikeluarkan saat menstruasi bukan hanya mengandung darah saja.

Baca Juga  Ternyata Pil ‘Viagra’ Wanita Mempunyai Efek Samping

Ternyata darah yang dikeluarkan wanita saat menstruasi mengandung bakteri, lendir vagina dan juga bagian jaringan tubuh yang lain. Hal inilah yang membuat darah menstruasi mempunyai aroma yang berbeda dengan aroma darah yang keluar dari bagian tubuh yang lain.

Namun pada sebagian wanita tak merasakan kalau darah yang keluar saat menstruasi mempunyai aroma yang menyengat. Ternyata aroma darah menstruasi juga dipengaruhi oleh kandungan bakteri yang berasal dari rahim dan juga vagina.

Baca Juga  Penyebab Seseorang Sering Mengigau Saat Tidur

Namun para pakar kesehatan mengatakan bahwa secara normal darah menstruasi yang keluar tidak mempunyai aroma yang menyengat. Jadi bisa dikatakan bahwa bau amis atau menyengat mengindikasikan adanya kandungan bakteri yang lebih banyak yang berasal dari rahim atau vagina. Kondisi vagina yang lembab juga akan memicu pertumbuhan banyak bakteri yang bisa memicu bau darah menstruasi menjadi lebih menyengat atau amis.

Bila anda merasakan aroma darah menstruasi yang sangat menyengat atau amis yang disertai dengan rasa gatal pada area vagina lebih disarankan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga  Atasi Sariawan Dengan Air Garam

Artikel Terkait : Makanan dan Minuman Yang Harus Dihindari Saat Menstruasi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *