Apa Benar Persalinan Anak ke Dua Cenderung Lebih Mudah Dibandingkan Anak Pertama ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Memiliki momongan pasca menikah adalah impian setiap orang. Tak heran jika kehamilan anak pertama biasanya akan memberikan nuansa bahagia dalam sebuah keluarga. Pada kehamilan anak pertama biasanya seorang wanita akan merasa was-was. Namun pada kehamilan anak yang kedua cenderung lebih tenang dikarenakan mereka sudah berpengalaman. Ada anggapan bahwa melahirkan anak kedua lebih mudah dibandingkan dengan anak pertama, benarkah demikian ?.

sumber gambar : https://hellosehat.com

Ternyata anggapan ini benar adanya. Hal ini dipengaruhi oleh pengalaman seorang ibu yang telah melahirkan anak pertama. Mereka cenderung lebih mengerti bagaimana proses atau tahapan saat melahirkan, cara mengatur napas, melakukan posisi yang nyaman saat melahirkan dan teknik mengejan yang benar. Dengan pengalaman itu maka akan membuat ibu merasa lebih tahu dan mengerti menghadapi proses persalinan anak kedua.

Baca Juga  Apakah Wanita Hamil Yang Mengalami Mual dan Muntah Berat Disarankan Untuk Rawat Inap ?

Meskipun demikian bukan sebuah jaminan kalau persalinan anak kedua akan berjalan lebih mudah dibandingkan anak pertama. Ada beberapa kasus yang ternyata persalinan anak kedua lebih sulit dibandingkan anak kedua. Hal ini disebabkan karena kondisi ibu itu sendiri.

Yang perlu diperhatikan adalah jarak kelahiran yang aman secara kesehatan. Jika jarak kelahiran antara anak pertama dan kedua terlalu dekat, maka akan membuat seorang ibu merasa lebih capek dan lelah mengurus anak. Hal ini tentu akan mempengaruhi posisi rahim sehingga membuatnya turun lebih cepat. Kondisi ini akan memicu datangnya kontrakki palsu.

Baca Juga  Beberapa Kandungan Buah Kiwi Yang Sangat Bagus Bagi Kesehatan

 

Meskipun secara kebanyakan memang benar kalau persalinan anak kedua akan lebih mudah dibandingkan dengan anak pertama, bukan berarti para ibu lalai dan teledor saat kehamilan anak kedua. Anda tetap disarankan untuk rutin melakukan kontrol ke dokter untuk memastikan kehamilan anak kedua berjalan dengan sehat dan lancar.

Artikel Terkait : Kelebihan dan Kekurangan Persalinan Cesar dan Normal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *