Apa Benar Ibu Hamil Tidak Boleh Mengkonsumsi Kerupuk ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Bagi masyarakat Indonesia, makan tanpa kerupuk ibarat makan tanpa nasi. Itulah semboyan banyak orang karena memang kerupuk menjadi makanan atau camilan yang gurih sembari makan. Padahal kerupuk identik dengan makanan yang kurang sehat, namun kenyataannya permintaan akan kerupuk terus meningkat. Lantas bagi seorang wanita hamil apa benar tidak boleh mengkonsumsinya ?

sumber gambar : Tribunnews.com

Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa kerupuk menjadi salah satu jenis makanan yang bisa memicu kegemukan jika dikonsumsi secara berlebihan. Sepintas kerupuk memang camilan ringan, namun siapa sanka memiliki kandungan kalori yang cukup besar. Untuk ukuran kerupuk yang besar, terdapat sekitar 80 kalori terkandung. Ini artinya bahwa kalau kita mengkonsumsinya 3-6 buah kerupuk besar dalam sehari, maka sama dengan mengkonsumsi sepiring nasi.

Baca Juga  Mengungkap Efek Samping Kerokan Bagi Kesehatan

Tidak berhenti sampai disitu saja, kerupuk juga kerap ditambahi dengan rasa yang asin atau gurih sehingga lebih nkmat saat dikonsumsi. Jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan, maka bisa memicu tekanan darah tinggi. Oleh karena itu bagi wanita yang sedang hamil tak disarankan untuk mengkonsumsi kerupuk. Belum lagi banyak kerupuk yang beredar ditambahi dengan bahan penyedap dan bahan pengawet yang sangat tidak disarankan dikonsumsi oleh wanita hamil.

Baca Juga  Bisakah Seorang Wanita Menghamili Diri Sendiri Dengan Cara Beli Sperma ?

Apalagi sekarang ini banyak sekali kita jumpai kerupuk yang berwarna-warni yang menggunakan bahan pewarna berbahaya. Bukan hanya itu saja, banyak pembuat kerupuk yang menggunakan pemutih berbahaya untuk membuat kerupuk mereka putih mengkilap sehingga lebih menarik perhatian. Meskipun demikian bukan berarti semua kerupuk tak boleh dikonsumsi ibu hamil. Ada juga jenis kerupuk yang terbuat dari bahan alami dan digoreng dengan menggunakan minyak yang lebih sehat. Selain itu bisa juga memilih jenis kerupuk yang digoreng bukan dengan minyak.

Baca Juga  Ingin Cantik Awet Muda ? Konsumsi 10 Makanan Ini !

Artikel Terkait : Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *