Ada 5 Manfaat Besar Berpelukan Bagi Kesehatan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Melakukan pelukan dengan istri atau anggota keluarga memang memberikan rasa nyaman, hangat dan juga bahagia. Ternyata bukan hanya itu saja, berpelukan juga mempunyai 5 manfaat besar lain dari segi kesehatan yang sangat menguntungkan.

sumber : Deherba.com – manfaat pelukan bagi kesehatan

Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa pelukan tak hanya sangat baik untuk kesehatan mental atau emosi saja, tetapi ternyata juga sangat baik untuk kesehatan fisik.

Berikut 5 manfaat besar berpelukan menurut kesehatan :

Membakar Kalori

Manfaat pertama pelukan ternyata bisa membakar kalori. Dalam sebuah lansiran situs yang bernama thehealthsite.com menyebut bahwa sekali kita berpelukan akan bisa membakar 12 kalori. Jadi jika ingin membakar kalori lebih banyak, maka sesering mungkin melakukan pelukan.

Baca Juga  Kenali Bahaya Bermain Gadget Dengan Posisi Tengkurap

Memperlancar Sirkulasi Darah

Manfaat kedua adalah bisa membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Saat tubuh kita merasakan otot yang kaku, stres dan tertekan maka dengan berpelukan akan bisa membantu meringankan dengan cara peredaran darah atau sirkulasi darah yang lebih lancar.

Memperkuat Kekebalan Tubuh

Manfaat ketiga berpelukan adalah bisa meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh secara natural. Dengan sistem imun yang lebih kuat, maka akan membuat seseorang lebih kuat dalam melawan penyakit.

Baca Juga  Benarkah Olahraga Secara Berlebihan Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Jantung ?

Meningkatkan Daya Ingat

Selanjutnya berpelukan bisa bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan memori otak. Hal ini disebabkan karena saat kita berpelukan, maka hormon oksitosin akan banyak menyebar ke pembuluh darah yang bisa memberikan efek peningkatan daya ingat dan juga membuat lebih rileks.

Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat terakhir berpelukan secara kesehatan adalah bisa menurunkan tekanan darah. Hal ini disebabkan karena saat kita berpelukan maka hormon kortisol akan menurun sehingga juga akan berpengaruh pada tekanan darah yang lebih stabil dan juga membuat emosi kita lebih stabil.

Baca Juga  Apa Yang Menyebabkan Kepala Menjadi Botak ?

Artikel Terkait : Makanan Yang Bisa Meningkatkan Produktivitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *