3 Jenis Penyakit yang Bisa Disebabkan Karena Sakit Gigi

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Mengalami sakit gigi memang sangat menganggu aktivitas, tidur menjadi susah, mudah emosi dan makan menjadi tak enak. Meskipun demikian kenyataannya banyak orang yang menganggap enteng sakit gigi. Ternyata sakit gigi yang berlarut-larut bisa memicu 3 penyakit lain yang bisa membahayakan kesehatan.

sumber : http://www.susukambings.com – penyakit yang berhubungan dengan sakit gigi

Bahkan menurut salah seorang pakar kesehatan dunia mengatakan bahwa kesehatan gigi dan mulut bisa mencermintan status kesehatan seseorang secara menyeluruh. Bahkan seoarang dokter gigi bisa melakukan deteksi penyakit pasien hanya dengan melihat tanda dan gejala yang muncul pada area gigi dan mulut sehingga bisa melakukan rujuk ke dokter spesialis lain yang lebih tepat.

Baca Juga  Apa Manfaatnya Berjalan Kaki Tanpa Menggunakan Alas

Yuki langsung saja simak 3 jenis penyakit yang bisa disebabkan karena sakit gigi :

1. Diabetes

Penyakit pertama yang bisa disebabkan karena sakit gigi adalah diebetes. Saat seseorang menderita diabetes, maka akan terjadi penigkatan kadar gula dalam darah. Hal ini juga akan membuat air liur mengandung glukosa lebih tinggi. Kondisi ini akan menyebabkan bakteri dalam mulut lebih mudah tumbuh dan berkembang yang pada akhirnya bisa menyebabkan sakit gigi.

Baca Juga  Penyebab Penurunan Berat Badan Secara Drastis Bagi Penderita Diabetes

2. Kesehatan Jantung

Penyakit kedua yang bisa mungkin disebabkan karena sakit gigi adalah gangguan jantung. Mereka yang mengalami gangguan gusi secara kronis, maka akan memicu pengerasan pada pembuluh darah yang bisa mengancam kesehatan jantung.

3. Asam Lambung

Penyakit terakhir yang bisa disebabkan karena sakit gigi adalah gangguan asam lambung atau banyak orang menyebut dengan penyakit maag. Saat produksi asam lambung seseorang meningkat, maka bisa menyebabkan gangguan pada enamel serta dentin pada gigi.

Ternyata serem juga ya sakit gigi bisa memicu munculnya 3 penyakit yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan rutin sikat gigi dan secara berkala melakukan pemeriksaan ke dokter gigi.

Baca Juga  Bahaya Sakit Gigi Bisa Menyebabkan Sakit Jantung

Artikel Terkait : Tips Mengenali Gejala Kadar Gula Darah Rendah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *