Waspada Ternyata Kanker Juga Dapat Menyerang Anak-Anak

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya. Bahkan menurut riset di negara kita Indonesia kanker menjadi penyebab kematian terbesar ketiga setelah penyakit jantung. Taukah anda ternyata kanker tidak hanya menyerang orang dewasa, di usia anak-anak juga dapat terserang kanker.

 

Waspada kanker pada anak,karena kanker pada anak dapat menyerang secara tiba-tiba. Hal ini karena kanker pada anak terjadi bukan karena gen atau makanan yang dapat memicu kanker,namun  semua atas kehendak Tuhan.

sumber gambar : http://www.autoimuncare.com

Penyakit kanker mempunyai banyak jenis. Namun, yang sering menyerang anak-anak yakni leukemia / kanker darah dan retinoblastoma / kanker bola mata. Dr Edi Setiawan Tehuteru, SpA(K), MHA, IBCLC, mengungkapkan jika belum ada langka untuk mencegah kanker pada anak. Selain itu ternyata deteksi dini pada kanker pada anak hanya dapat dilakukan untuk satu jenis kanker saja yakni retinoblastoma. Nama pemeriksaannya  biasa disebut “lihat merah” atau biasa disebut juga “see red”.

Baca Juga  Ternyata Setelah Makan Pedas, Hormon Testosteron Pria Akan Naik

Deteksi dini jika terkena kanker sangatlah penting, namun gejalah yang sering dialami oleh penderita kanker seringkali menyerupai gejala penyakit lain. Misalnya demam tinggi yang sering dicurigai gejala tyfus namun ternyata salah satu penanda kanker. Hal ini yang menjadi orangtua seringkali terlambat dalam mendeteksi penyakit yang sedang menyerang buah hatinya.

Hal ini juga yang sering dialami oleh sekian banyak para penderita kanker, rata-rata para penderita kanker datang untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan saat sudah mencapai stadium lanjut. Oleh sebab itu, para orang tua harus tau dan memahami bagaimana gejala-gejala yang dapat mengarah pada sakit kanker.

Baca Juga  Inilah 5 Penyebab Seseorang Mengalami Pingsan

Menurut Dr Edi, kanker terbagi menjadi dua kelompok besar yakni kanker cair dan padat. Untuk kanker padat biasanya akan muncul benjolan. Oleh karena itu, jika muncul benjolan sebaiknya cepat dipriksakan ke dokter.

Artikel Terkait : Tips Mengenali Gejala Kanker Darah Pada Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *