Waspada Leukemia Pada Anak-anak Karena Sering Tidak Terdeteksi

header niko 728 x 90

waspada leukemia

InspirasiBersama.com – Jenis kanker yang paling sering melanda anak-anak adalah kanker darah atau leukemia. Kanker darah termasuk penyakit yang berbahaya yang sering berujung pada kematian. Sampai saat ini dunia medis belum bisa menjelaskan secara pasti apa yang menyebabkan penyakit kanker darah ini. Untuk itu kita harus waspada leukemia pada anak-anak karena sering tidak terdeteksi.

Menurut salah seorang dokter spesialis anak yang bernama dr Edi Setiawan Tehuteru Sp.A (K), MHA, IBCLC kanker darah yang sering melanda anak-anak sulit terdeteksi sejak dini, untuk itu di himbau kepada orang tua untuk lebih waspada.

Menurut dokter Edi, kanker darah atau leukemia merupakan jenis kanker cair yang menyerang sumsum tulang, dimana sumsum tulang kita merupakan tempat memproduksi sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit) dan keping darah (trombosit).

Baca Juga  Tips Mengatasi Telinga Yang Mendengar Suara Berdering

Saat seseorang menderita leukemia maka akan mengalami penurunan jumlah sel darah putih yang berfungsi sebagai antibodi alami tubuh. Dengan menurunnya antibodi tubuh maka akan membuat mudah terserang penyakit,  virus dan bakteri akan mudah untuk berkembang biak. Selain sel darah putih yang menurun, eritrosit dan trombosit juga mengalami penurunan.

Pada kasus leukemia tidak ada yang namanya stadium seperti pada kanker-kanker lainnya. Yang ada adalah leukemia dengan resiko biasa dan tinggi. Untuk yang resiko tinggi artinya ada resiko untuk kambuh kembali.

Baca Juga  Apa Yang Menyebabkan Sering Galau Secara Tiba-tiba ?

Saat seorang anak mengalami leukemia biasanya disertai dengan gejala demam yang diakibatkan menurunnya leukosit atau sel darah putih sehingga panas sulit untuk turun. Disamping itu anak juga kerap mengalami mimisan yang dikarenakan menurunnya kadar trombosit. Wajah pucat juga terlihat pada anak dikarenakan karena menurunnya kadar eritrosit dalam darah.

 
Apabila kita mendapati anak kita mengalami tanda dan gejala yang telah disebutkan tadi, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat untuk mendapatkan pengobatan dengan cepat dan tepat. Penanganan kanker darah sedini mungkin memberikan harapan sembuh yang tinggi. Yang menjadi masalah adalah terkadang kanker darah tidak menunjukkan tanda dan gejala yang telah disebutkan. Oleh karena itu deteksi dini kanker darah sulit untuk dilakukan.

Baca Juga  Manfaat Yang Tersembunyi dari Wortel

 
Artikel Terkait : Apa Yang Harus dilakukan Orang Tua Saat Anak Menderita DBD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *