Waspada Kanker Yang Kerap Menyerang Anak-anak

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Ternyata kanker tidak hanya diderita oleh orang dewasa saja. Semua usia bisa terkena kanker termasuk anak-anak. Oleh karena itu kita harus waspada. Sampai saat ini kanker menjadi penyakit yang sulit diobati dan sering berujung pada kematian.

Sudah tahu belum kalau menurut para pakar kesehatan jenis kanker sampai saat ini berjumlah 200. Ini merupakan jumlah yang sangat besar. Jenis kanker yang biasa melanda orang dewasa ternyata juga bisa menyerang anak-anak.

kanker-pada-anak

sumber gambar : http://hariandokter.com/

Berikut ada beberapa jenis kanker yang kerap menyerang anak-anak :

1. Leukemia
Jenis kanker pertama yang kerap melanda kalangan anak-anak adalah kanker darah atau leukemia. Kanker jenis ini bersifat cair, berbeda dengan kebanyakan jenis kanker lainnya yang berupa benjolan.

Baca Juga  Bagi Yang Suka Lembur Lakukan Hal Ini Agar Tetap Bugar dan Semangat Kerja

Leukemia merupakan jenis kanker yang berbahaya yang kerap menyebar ke berbagai organ lainnya. Ada kalanya anak mengalami kanker darah yang dialami sejak lahir atau disebut dengan kongenital.

Bagi seorang anak laki-laki, kanker darah atau leukemia bisa menyebar ke bagian organ zakar dan testis. Kondisi ini biasanya akan terlihat perbedaan antara besar testis kanan dan kiri.

Baca Juga : Tips Mengenali Anak Yang Menderita Kanker Darah

2. Retinoblastoma
Jenis kanker yang sering melanda anak-anak adalah retinoblastoma. Retinoblastoma merupakan jenis kanker yang menyerang bola mata yang menyebabkan benjolan pada mata, juling, merah dan mata seperti mata kucing.

Baca Juga  Efek Samping Sering Mengayun Tubuh Anak Dengan Menarik Lengannya

3. Neuroblastoma
Selanjutnya ada kanker neuroblastoma yang artinya kanker yang menyerang sistem saraf. Anak yang mengalami neuroblastoma biasanya ditandai dengan munculnya benjolan padat dan membesar pada bagian perut.

4. Kanker tulang
Jenis kanker yang juga sering melanda anak-anak adalah kanker tulang. Kanker jenis ini memang kebanyakan menyerang orang dewasa. Bagi anak-anak kanker tulang menyebabkan kondisi tungkai kaki yang besarnya tak sama. Selain itu kanker tulang pada anak juga rentan menyebar ke bagian paru-paru.

5. Kanker hati dan ginjal
Jenis kanker kelima yang sering kali melanda anak-anak adalah kanker hati dan ginjal. Anak yang mengalami kanker hati maupun ginjal bisa mengalami gejala perut yang buncit dan teraba benjolan.

Baca Juga  Manfaat Suka Konsumsi Buah Bisa Mencegah Terhadap Kanker Payudara

6. Kanker indung telur
Jenis kanker yang terakhir yang kerap terjadi pada anak perempuan adalah kanker indung telur. Jenis kanker ini terbilang jarang terjadi, namun tidak menutup kemungkinan terjadi pada anak perempuan.

Artikel Terkait : 4 Jenis Kanker Yang dirasa Paling Menyakitkan 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *