Waspada Jika Anak Anda Mengalami Gejala Penyakit Berikut

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Sebagai orang tua, tentunya kita harus peka dengan kesehatan si kecil. Para orang tua dituntut untuk lebih banyak pengetahuan tentang kesehatan anak. Dengan begitu, maka orang tua bisa dengan sigap memberikan pertolongan saat anak sedang sakit.

Namun pada kenyataannya, masih banyak kalangan orang tua yang pengetahuan tentang kesehatan anak minim. Akibatnya saat sang anak mengalami gejala penyakit yang terbilang serius, orang tua tidak mampu mengenalinya sehingga terlambat dalam mendapatkan pertolongan. Hal ini yang tidak kita inginkan.

sumber gambar : http://bundanet.com/

Menyikapi fenomena yang semacam ini, maka para pakar kesehatan anak khususnya di Amerika memberikan informasi tentang gejala penyakit pada anak yang harus disikapi dengan serius oleh para orang tua.

Berikut beberapa gejala kesehatan pada anak yang harus diwaspadai oleh para orang tua :

1. Demam tinggi
Gejala penyakit pertama yang harus diwaspadai oleh para orang tua adalah jika mendapati anak sedang demam tinggi. Para orang tua harus tahu berapa suhu tubuh anak dikatakan demam tinggi. Jika suhu tubuh anak anda mencapai 38 derajat celcius, maka bisa dikatakan sedang demam. Lebih-lebih suhu tubuh anak mencapai 39 derajat celcius.

Baca Juga  7 Kebiasaan Yang Bisa Menyebabkan Tubuh Cepat Lelah

Kondisi ini tidak bisa dianggap remeh oleh orang tua terlebih bagi seorang bayi yang berusia kurang dari tiga bulan. Kondisi hipertermi atau demam tinggi pada bayi akan menyebabkan anak menjadi dehidrasi karena banyak cairan tubuh yang menguap. Oleh karena itu anda harus segera membawa anak anda ke dokter dan memastikan kebutuhan cairan bayi tetap cukup.

Baca Juga : Lakukan 4 Hal Ini Jika Bayi Sedang Demam

2. Demam cukup lama
Gejala kedua yang harus diwaspadai adalah jika anak mengalami demam dalam jangka waktu yang lama. Kondisi demam masih saja berlangsung selama tiga hari meskipun sudah diberikan obat penurun panas. Kondisi ini menunjukkan kalau anak mengalami infeksi yang lebih serius yang harus segera mendapatkan pertolongan dokter.

3. Demam dengan sakit kepala
Selanjutnya yang harus anda waspadai jika pada saat anak demam, ternyata disertai dengan gejala lain seperti sakit kepala, kaku, muncul ruam dan bintik merah yang terdapat pada kulit anak.

4. Tahi lalat yang tidak normal
Apabila anak anda mempunyai sebuah tahi lalat yang sudah ada sejak lahir, maka anda harus perhatikan apakah ada perubahan bentuk seperti tambah besar, berubah warna. Jika terjadi perubahan tersebut, maka anda harus waspada terhadap potensi kanker kulit.

Baca Juga  Karakter Pria Yang Paling Didambakan Wanita

5. Mendadak sakit perut
Gejala penyakit selanjutnya yang tak boleh diremehkan adalah ketika anak mengeluhkan sakit perut hebat. Terlebih jika rasa sakit terjadi pada bagian perut sebelah kanan bawah. Kondisi ini terasa lebih sakit saat dibuat berdiri, maka kemungkinan anak anda mengalami peradangan usus buntu. Segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

6. Sakit kepala dan muntah
Mengalami sakit kepala ringan pada anak bisa jadi sebuah tanda migrain biasa. Namun jika ternyata anak sering mengalami sakit kepala dan disertai dengan muntah, maka anda harus waspada kondisi kesehatan yang lebih serius. Kondisi ini biasanya terjadi pada pagi dan tengah malam.

7. Frekuensi buang air kecil berkurang
Kondisi yang terlihat sepele namun sangat berbahaya adalah ketika anak mengalami dehidrasi. Seorang bisa diketahui dehidrasi jika frekuensi buang air kecil menjadi jarang. Kondisi lain ditunjang dengan kondisi bibir dan kulit yang terlihat kering. Biasanya kondisi ini terjadi saat anak sedang diare atau muntah-muntah. Kondisi dehidrasi pada anak akan sangat berbahaya jika tidak mendapatkan cairan yang cukup dengan segera. Berikan anak cairan yang cukup setidaknya sampai anda membawanya ke dokter.

Baca Juga  Apa Yang Membuat Asam Lambung Saat Puasa Meningkat ?

Baca Juga : Cara Menangani Anak Yang Sedang Diare

8. Bibir biru
Kondisi terakhir yang berbahaya bagi kesehatan anak adalah saat dijumpai bibir yang berwarna kebiruan. Kondisi ini menandakan kalau anak mengalami gangguan pernapasan atau kekurangan oksigen. Kondisi ini biasanya terjadi saat anak mengalami sesak napas, asma dan beberapa penyakit paru lainnya. Jika anda mendapati anak mengalami hal ini, maka segera bawa ke dokter untuk mendapatkan pertolongan dengan cepat.

Artikel Terkait : Cara Mengenali Tanda Fimosis Pada Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *