Waspada Fobia Sosial Jika Mengalami Takut Bergaul

header niko 728 x 90

fobia sosial

InspirasiBersama.com – Kita pasti pernah merasakan takut atau gugup saat hendak bertemu dengan orang banyak dan berbicara depan orang banyak. Hal ini menjadi sesuatu yang wajar. Namun jika kita mengalami rasa takut atau gugup yang berlebihan tanpa sebab yang jelas saat bersosialisasi dengan orang lain, maka kita harus waspada fobia sosial.

Jika anda saat ini merasakan hal yang demikian, maka biasanya anda tergolong orang yang sulit bergaul dengan orang lain sehingga merasa kesulitan saat bersosialisasi dengan orang lain.

Baca Juga : Manfaat Silaturahmi Bagi Kesehatan

Menurut salah para pakar seseorang yang mengalami fobia sosial atau perasaan yang sangat takut saat bersosialisasi dengan orang lain disebabkan karena munculnya perasaan takut mendapatkan penilaian negatif dari orang lain. Penilaian tersebut bisa berupa takut kita tidak menarik orang lain, takut kita dianggap menjadi orang yang bodoh atau pribadi yang tidak kompeten.

Baca Juga  Bahaya di Balik Penggunaan Celana Yoga

Kondisi tersebut biasanya akan semakin buruk jika kita tidak tidak membiasakan untuk bersosialisasi dengan orang lain. Model orang yang seperti ini akan sangat mudah panik saat menghadapi banyak orang lain.

Bahkan perasaan fobia sosial ini sering kali membuat penderitanya merasa gelisah yang berlangsung selama berhari-hari atau bahkan minggu. Hal itu akan berlanjut sampai acara sosialisasi dengan banyak orang lain berlangsung.

Seseorang yang mengalami fobia sosial kerap kali akan menghindari bergaul dengan orang lain, makan bersama orang lain atau bahkan tidak mau menggunakan toilet umum. Saat seseorang yang mengalami fobia sosial dipaksakan untuk melakukan interaksi dengan orang banyak, maka biasanya akan memunculkan gangguan pada tubuh misalnya kepala pusing, gemetaran, mual, diare dan berkeringat dingin.

Baca Juga  Jus Buah Yang Bisa Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Bagi anda yang saat ini merasa sudah mengalami fobia sosial, maka sangat disarankan untuk melatih banyak melakukan interaksi sosial dengan orang lain agar tidak jatuh pada fobia sosial yang berlebihan yang sangat mengganggu.

Ada banyak cara yang mudah anda lakukan untuk melatih bersosialisasi dengan orang lain. Cobalah untuk berlatih berbicara atau bergaul dengan teman-teman anda secara perlahan-lahan. Semakin kita sering melakukan interaksi dengan orang lain, maka kemampuan kita bersosialisai juga akan sangat bagus.

Baca Juga  Tips Untuk Pria Yang Tak Bisa Membuat Istrinya Hamil

Tidak disarankan untuk belajar sosialisasi dengan orang lain melalui media sosial. Mengapa demikian ? sosialisai dengan orang lain melalui media sosial tidak berdampak positif untuk mengatasi gangguan fobia sosial. Lakukan interaksi secara nyata dengan orang lain dengan orang terdekat terlebih dahulu seperti anggota keluarga yang kemudian bertahap dengan orang lain yang belum kita kenal.

Artikel Terkait : Bahaya Jika Sering Merasa Kesepian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *